10+ Ide Peluang Usaha Dengan Strategi Bisnis Terbaru



startusaha.com- Bicara soal bisnis memang tidak pernah ada habisnya, saking banyaknya topik yang mengulas tentang bisnis, admin sendiri pun sering di buat puyeng dan sempat geleng-geleng kepala saking banyaknya tugas beserta peluang-peluang usaha yang sangat bertebaran. Bukan apa-apa, peluang bisnis tersebut pastinya memerlukan riset lebih dalam, agar nantinya dapat anda sesuaikan.



Namun bukan startusaha dot com namanya jika hal begitu saja membuat menyerah. Dinamakan startusaha.com berarti harus siap berusaha atau bekerja keras. Startusaha, berarti mulai usaha, jangan malas, rajin ibadah, serta pantang mengatakan untuk mundur sebelum bertempur, begitu juga dengan anda sebagai pembaca. Sangat di harapkan jika pelanggan setia startusaha adalah orang-orang dengan kriteria seperti di atas.



Itulah prinsip yang admin pegang selama masih di beri kesempatan untuk berusaha. Ok, kembali ke topik yaitu cara menggali potensi usaha. Bagi anda yang sedang di buat gundah gulana terkait dengan ide-ide potensi bisnis, artikel ini akan memandu anda untuk mulai mencari peluang usaha, potensi bisnis terbaru, serta tips-tips terkait dengan bisnis.


Namun sebelum lanjut membaca materi utama, jangan lupa siapkan segelas kopi hitam plus cemilannya ya, agar tidak suntuk saat melakukan kegiatan. Segelas kopi atau teh hangat juga dipercaya sebagian orang sebagai penawar suntuk. Jangan lupa baca juga Alternatif Bisnis Online




Refresh Pola Pikir


Nah, sebelum ke materi utama dan agar bisa berfikir lebih jernih untuk menggali potensi bisnis, nampaknya setiap orang di tuntut untuk merefresh pikirannya agar cemerlang. Tidak terkecuali anda sendiri, manusia tidak bisa berfikir fokus jika dalam pikirannya sendiri di penuhi prasangka negatif. Itu poin penting!


Bagaimana tidak, ketika pikiran di penuhi beban kehidupan yang tidak bisa di lepaskan, imbasnya otak menjadi panas dan tidak mau di ajak mikir. Dan itu pernah saya alami sendiri. Setelah pikiran fresh tanpa beban, selanjutnya mulailah untuk cerdas-cerdas mengenali peluang bisnis di sekitar.



Riset Kecil-kecilan

Sebagai langkah awal, riset pasar untuk kepentingan bisnis sangat di perlukan untuk di jadikan acuan atau tolak ukur kesuksesan bisnis yang akan segera di rintis.



Mencari ide peluang usaha itu tidak gampang meskipun di atas kertas, ada banyak peluang usaha yang ada di internet. Setidaknya anda harus pintar-pintar melakukan riset pasar, riset produk, riset kompetitor, dan hal tersulit untuk memulai usaha adalah penyesuaian dengan keadaan atau status anda sendiri sebagai manager.




Penyesuaian Diri Untuk Strategi Bisnis


Penyesuaian diri sangat berperan penting bagi anda yang mau terjun berusaha. Pada dasarnya, memang banyak peluang atau ide usaha potensial yang bisa anda coba. Namun menemukan atau menyesuaikan dengan keahlian yang cocok itu sangatlah sulit.



Ingat, setiap orang memiliki perbedaan-perbedaan dari berbagai sisi, mulai dari karakter, fisik, mentalitas, dan kebiasaan. Tidak terkecuali dalam urusan bidang bisnis.

Nah, tugas anda sebagai startup bisnis adalah menemukan kecocokan untuk mulai menjalankan usaha. Jadi, di mana kira-kira potensi yang pas buat anda perdalam?



Karena jika mengambil contoh dari beberapa pengalaman pribadi serta referensi dari lapangan, kenyataannya tidak semua orang akan cocok dengan apa yang sering di rekomendasikan.




Sebagai contoh:

Misalnya ide peluang usaha berdagang sangat berpotensi untuk sukses, karena memang orang yang terjun di dunia perdagangan / bisnis rata-rata bisa sukses.



Tugas anda ketika ada orang yang merekomendasikan bidang bisnis adalah menganalisis terlebih dahulu. Ingat, jangan tergiur dengan kesuksesan yang diceritakan. Namun perhatikan kecocokan ide peluang usaha tersebut dengan diri anda sendiri.



Ingat baik-baik, kesalahan fatal seseorang adalah ikut-ikutan dengan apa yang sedang trendy. Mungkin saja peluang usaha dagang sangat cocok bagi si A, belum tentu si B juga cocok.



Alasannya, si A adalah orang yang gemar bersosial, bawel, rewel, maka potensi paling cocok adalah berdagang. Sedangkan si B, dia adalah seorang Introvert, lebih menyukai berdiam diri, tak ingin banyak-banyak bicara, maka usaha dengan cara berdagang sangat tidak cocok. Melainkan lebih cocok ke arah memperdalam keahlian yang bisa di uangkan.




Betul nggak?




Nah, ketika anda sudah menentukan potensi yang pas, entah di bidang apapun itu, maka beberapa hal tidak kalah penting yang harus di kuasai adalah strategi manajemen.





Strategi Management

Strategi Management disini maksudnya adalah lebih ke meningkatkan kualitas potensi diri sendiri ( Disiplin ). Ketika anda akan merencanakan sesuatu, katakanlah anda mau terjun memperdalam dunia bisnis, silahkan berkaca dahulu sebelum memulai.




• Sanggup me-manage waktu yang hanya 24 jam

• Bersungguh-sungguh serta mau bekerja keras

• Memahami segala resiko terkait dengan bisnis yang akan segera di rintis

• Tidak mudah menyerah pada suatu keadaan



Jika anda sudah sanggup / bisa serta memahami 4 hal dasar di atas, kemungkinan untuk sukses admin analisis mencapai 73℅. Namun jika sebaliknya, silahkan untuk me-manage diri sendiri terlebih dahulu agar tidak buang-buang waktu.



Karena apa? Jika mengambil contoh atau gambaran dari orang-orang sukses, hampir semua pebisnis sepakat bahwa mulai usaha / bisnis harus di sertai dengan diri sendiri yang profesional. Artinya, anda tidak boleh main-main. Harus serius, harus profesional, intinya harus bisa menjalankan 4 hal dasar di atas.



Sebagai rekomendasi atau bahan referensi, di bawah ini admin merangkum 10 peluang bisnis sampingan yang bisa anda coba. Silahkan sesuaikan dengan potensi diri sendiri yang pas untuk anda perdalam.





10 Ide Peluang Bisnis





startusaha






1. Agen Transaksi

Saat ini di 2019, kecil kemungkinan orang tidak memiliki smartphone. Dan di setiap pengguna smartphone, sedikitnya pasti membutuhkan pulsa. Nah, disini terlihat jelas ada potensi bisnis yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Yaitu dengan membuka agen transaksi.


Anda dapat menyediakan pulsa, paket data, listrik prabayar, listrik pascabayar, tagihan BPJS, dan lain-lain yang menyangkut dengan transaksi digital.




2. Perkebunan


Bercocok tanam merupakan pelestarian alam sekaligus usaha yang tidak perlu diragukan lagi akan keuntungannya, asal dalam catatan, jika di kelola dengan fokus serta keseriusan.


Hebatnya lagi, usaha ini bisa dikembangkan lebih besar apabila anda sedikit smart dalam memanfaatkan peluang. Tetapi sayangnya, usaha ini membutuhkan modal utama yang cukup lebar.




3. Reseller Produk

Nah, ini merupakan salah satu dari sekian banyak metode bisnis online yang banyak di manfaatkan para internet marketer. Yaitu dengan menjadi Reseller produk.


Cara kerja reseller adalah memasarkan produk suatu supplier barang melalui internet, kemudian anda akan di beri komisi sesuai tingkat penjualan.





4. Ternak Ayam Kampung


Bisnis yang ini bisa dibilang merupakan bisnis gampang-gampang susah untuk di jalani. Bagi sebagian kalangan yang cocok menekuni bisnis ini memang terlihat mudah serta menunjukkan kemajuan yang sangat pesat.


Susahnya adalah menemukan partner yang siap menampung hasil panen per musim nya. Jadi, alangkah lebih baik sebelum memulai jika anda sudah menemukan partner yang siap menampung.





5. Bisnis Fashion

Bisnis pakaian merupakan bisnis yang bisa di bilang nggak ada matinya. Keuntungan dari tiap-tiap jenis barang juga bisa mencapai 50℅ dari modal utama. Tergantung cara anda dalam memasarkan.



Kelebihan di bidang fashion sendiri tahu sendiri kan? Di Indonesia sendiri ada momentum dimana orang akan berbondong-bondong membeli pakaian, yaitu pada saat mendekati hari raya idul fitri.




6. Jasa Percetakan

Jasa percetakan sangat di butuhkan banyak orang, seperti jasa cetak surat undangan, cetak banner iklan, desain logo, dan lain-lain yang berhubungan dengan percetakan.

Modal utama dari usaha ini adalah pintar-pintar mendesain gambar serta kemampuan anda sendiri menguasai software PC Desktop.




7. Service Smartphone

Ide peluang usaha di bagian ke-7 ada jasa service handphone. Ini di peruntukan bagi anda yang menguasai hardware dan software smartphone.


Tetapi jangan gegabah bagi yang mau memulai usaha ini. Karena apa? Menurut pengalaman pribadi, ketika para pelanggan kita kecewakan, imbasnya bukan hanya dia sendiri yang ogah kembali, tetapi biasanya akan melebar dan kita akan di cap buruk oleh pelanggan.




8. Menjadi Content Creator


Meski menjalani profesi ini tidak mudah, namun jika sudah hafal dengan cara-cara nya, maka menghasilkan uang dengan sebuah karya bisa di jalankan dengan mudah.


Anda dapat membuat konten bermanfaat seperti artikel ini, video tutorial, membuat aplikasi dan lain-lain. Ketika konten yang anda buat sudah siap untuk di publish, silahkan masuk link berikut untuk membangun personal branding.




9. Instalasi Komputer


Bagi anda yang menguasai atau mengerti Hardware & Software PC Desktop, anda dapat membuka beraneka macam jasa.

Seperti jasa rakit PC, jasa instal ulang PC, serta hal-hal terkait yang menyangkut dengan troubleshooting komputer.





10. Silahkan Berfikir Sendiri

Untuk sisanya, silahkan berfikir sendiri. Silahkan gali potensi bisnis dengan pikiran yang fresh. Kemudian jangan lupa sesuaikan peluang yang ada dengan keahlian diri sendiri.





Penutup


Itulah 10 ide bisnis terbaru yang bisa anda coba. Silahkan gali potensi, sesuaikan dan sesuaikan dengan kecocokan. Semoga bermanfaat.


Related Posts

Comments