Alternatif Bisnis Online Tanpa Modal Rumahan




startusaha.com- Masih terkait dengan dunia bisnis online, pada postingan kali ini admin akan memberikan gambaran atau metode yang bisa anda terapkan untuk memulai bisnis online tanpa modal. Sedikit catatan, mencari penghasilan tambahan lewat internet itu tidak melulu soal menjual produk, pada postingan kemarin, secara khusus admin membahas seputar Cara Memulai Bisnis online dari nol. Tetapi, di dalam artikel tersebut nyatanya lebih spesifik mengarahkan anda untuk melakukan atau membantu memasarkan produk secara online sesuai target.



Nah, bagi anda yang ingin merasakan manisnya menghasilkan uang dari internet, anda bisa belajar bareng di situs ini bersama admin dan para pembaca lainnya. Meskipun, dalam tanda kutip anda tidak memiliki modal utama untuk berbisnis atau menjual produk. Memang tidak dapat di pungkiri, bahwa sejatinya cara paling ampuh untuk sukses di bisnis online adalah menjual produk sendiri.






maxmanro.com



Jangan kuatir jika anda tidak memiliki sekumpulan produk untuk di komersialkan, tidak ada alasan untuk mengeluh serta tidak ada alasan untuk malas. Justru, pemicu sebuah kesuksesan adalah dari dalam diri yang kuat, mental baja, serta paling penting pantang menyerah. Caranya adalah pandai-pandai dalam memanfaatkan peluang bisnis online yang telah banyak beredar di internet.



Bahkan menurut admin pribadi, sekalipun anda memiliki modal, namun jika mentalitas anda bukan mental juara, maka kecil kemungkinan peluang untuk sukses di bisnis online akan terlaksana. Kembali ke topik yaitu menerapkan metode bisnis online tanpa modal. Bagaimana caranya, cara pertama yang bisa anda terapkan adalah membangun personal branding. Salah satu cara untuk membangun personal branding adalah dengan menjadi Content Creator.




Alternatif Bisnis Online Tanpa Modal Content Creator



Berbicara bisnis online tanpa modal, menurut admin pribadi, itu adalah sebuah kebohongan besar. Karena apa? Yang namanya berselancar internet ataupun browsing, paling minim tetap saja setidaknya anda butuh perangkat plus paket data. Belum lagi menuangkan ide-ide ke dalam konten, yang nyaris hampir menyita waktu dan pikiran. Namun itu adalah modal utama bagi orang yang ingin mencari penghasilan lewat internet. Jika anda pintar menggali ide-ide kreatif, tentu saja membuat konten adalah alternatif pertama yang bisa anda jual di internet.



Sampai disini, kemungkinan Anda akan bertanya.


Apakah dengan menjadi seorang konten kreator menjanjikan untuk sukses?



Tentu saja iya, asalkan....

Anda bersungguh-sungguh dalam membuat konten bermanfaat untuk orang lain.



Sebagai penyemangat untuk bangkit dan sekedar bukti bahwa seorang konten kreator itu menjanjikan, anda bisa berkaca kepada para konten kreator asal Indonesia yang sudah berpenghasilan puluhan juta atau bahkan ratusan juta per bulan.



Pernah mendengar atau kenal dengan Atta Halilintar?

Sudah pasti anda pada kenal kan?


Hanya bermodal mengenal ilmu dasar pemasaran online, Atta Halilintar sukses menjadi Youtuber asal Indonesia yang paling banyak memiliki subscriber. Untuk saat ini subscriber chanel atta halilintar yaitu berkisar antara 14 juta subscribe.




Motivasi kedua, anda bisa berkaca kepada seorang penulis sekaligus seorang Blogger yang cukup senior, yaitu Raditya Dika. Dimana ia adalah seorang artis pentolan dari blogger senior yang sudah sukses meraih penghasilan yang tidak kalah menggiurkan.



Beberapa contoh di atas adalah bukti bahwa menjadi seorang konten kreator sangat menjanjikan untuk sukses. Asalkan.... Konten yang anda buat benar-benar bermanfaat dan disukai banyak orang.



Tidak cukup hanya sekedar membuat konten bermanfaat, untuk menggapai sukses di dunia online juga di butuhkan ekstra kesabaran dan konsistensi. Kesimpulannya, yang namanya mencari penghasilan baik itu secara online maupun offline, semuanya tidak mudah. Tetap saja anda harus berjuang, belajar lebih giat lagi, serta paling penting adalah menjadi seseorang yang pantang untuk mengatakan mundur sebelum bertempur. Jika anda siap menjadi konten kreatif, mari di lanjut.





Persiapan Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Rumahan



Jika anda tidak memiliki sekumpulan produk untuk di jual di internet, maka cara mudah untuk memulai bisnis online adalah dengan menjadi seorang konten kreator.


Ingat, konten yang anda buat haruslah mengandung manfaat dan memiliki poin untuk para pengguna internet lain. Cara paling mudah membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain adalah menuangkan ide sesuai dengan keahlian yang anda miliki.


Misalnya, anda sangat hobi atau menyukai dunia burung berkicau. Maka, buatlah konten seputar cara perawatan burung yang baik dan lain-lain yang sekiranya membawa manfaat untuk para pecinta burung.


Atau contoh ke-dua. Misalnya anda memiliki keahlian di bidang desain gambar. Maka buatlah konten tentang tutorial menggambar, atau tutorial menguasai software adobe ilustrator dan lain-lain.



Silahkan gali potensi dalam diri sendiri, karena menurut pendapat pribadi, tiap-tiap orang memiliki keahlian masing-masing yang dapat di tuangkan ke dalam konten. Jika mau berfikir, ada banyak peluang / potensi yang bisa anda manfaatkan.



Setelah anda memiliki gambaran atau ide untuk membuat konten, maka langkah selanjutnya adalah menuangkan ide kreatif yang anda miliki menjadi konten yang mudah di pahami serta memiliki poin lebih bagi orang lain. Ingat, konten terbagi menjadi beberapa jenis, seperti Konten Video, Konten berupa Artikel, Konten Photography, E-book, Software Aplikasi, dan lain-lain.



Disini, admin tidak memaksa Anda harus bisa membuat konten yang susah. Idealnya, terapkan atau buatlah konten ide kreatif anda sesuai dengan keahlian yang anda kuasai.



Sebagai contoh, misalnya anda sangat menyukai dunia tulis menulis, maka alangkah idealnya jika anda menuangkan ide kreatif tersebut ke dalam konten berupa artikel.
Atau misalkan, anda memiliki hobby di bidang multimedia visualisasi , maka buatlah konten berupa Video Tutorial. Setelah memahami tentang cara pembuatan konten sesuai dengan keahlian, langkah selanjutnya untuk terjun ke bisnis online tanpa modal adalah memahami konsep serta cara kejanya.




Lihat cara kerjanya...

> Menuangkan Ide Ke Dalam Konten

> Share Konten Yang Anda Buat Sesuai Passion

> Ikuti Program Periklanan

> Income Masuk Rekening



Cara kerjanya cukup mudah, buatlah konten bermanfaat, share konten tersebut ke internet, dan ikuti program periklanan. Nah, sekarang anda dapat memulai belajar membuat konten.




Tentukan Platform Bisnis Online Digital


Ok, disini admin asumsikan anda sudah memiliki konten berkualitas.

Ketika konten yang anda buat sudah jadi dan siap di publikasikan. Langkah selanjutnya adalah menentukan platform yang akan anda gunakan untuk menemukan trafik.


Apa itu Trafik?



Trafik merupakan sejumlah pengunjung internet yang akan menjadi target utama anda untuk memasarkan konten yang anda buat. Tanpa trafik dari internet, sangat mustahil rasanya konten berkualitas yang anda miliki dapat di monetisasi dengan iklan. Nah, untuk menemukan trafik pengunjung di internet sendiri cukup mudah.




Anda dapat menemukan sejumlah traffic lewat platform seperti sosial media Facebook, YouTube, dan Google Pencarian.




Catatan

Buatlah konten kreatif dan menarik serta memiliki kualitas. Selalu patuhi aturan-aturan tentang pembuatan konten. Jangan pernah melakukan pembuatan konten dengan cara yang curang seperti copy paste atau plagiarisme konten yang memiliki hak cipta. Silahkan baca Alternatif Bisnis Rumahan



1. Membangun Fans Page Facebook


Anda dapat membuat Fans Page Facebook secara gratis untuk menemukan trafik sekaligus mempublikasikan konten yang anda buat.


Ketika Fans Page yang anda kelola sudah memiliki 10k Like aktif, anda dapat me monetisasi konten menjadi sumber pendapatan. Yaitu dengan mengikuti program periklanan khusus Facebook yang biasa disebut Adsbreak.




2. Membangun Website / Blog



Jika anda lebih menyukai tulis menulis dalam hal membuat konten, maka platform yang cocok untuk anda gunakan adalah Blog / Website. Cara membuat blog ataupun website tidak serumit yang anda bayangkan. Hanya beberapa langkah saja, anda dapat dengan mudah membuat blog atau website.


Perlu anda ketahui, blog / website ada beberapa jenis. Umumnya, ada yang gratis dan ada yang berbayar, untuk kelebihan dan kekurangannya, saya rasa keduanya hampir sama saja. Yang utama dalam sebuah blog adalah konten yang berkualitas.

Nah, bagi para pemula yang mau terjun ke dunia Blogger, admin sarankan agar anda menggunakan platform gratisan dari Google yaitu Blogspot.



Nantinya, setelah blog yang anda kelola memiliki ribuan visitor / trafik, anda dapat me monetisasi blog tersebut dengan mengikuti program periklanan khusus untuk website. Yang paling sering di gunakan para blogger adalah join iklan AdSense yang masih milik Google.





3. Membangun Chanel YouTube



Jika anda lebih menyukai membuat konten visual, maka platform youtube adalah opsi pertama yang bisa anda gunakan. Nantinya, ketika chanel youtube yang anda bangun sudah memiliki minimal 1000 subscribe dan jam tayang sudah mencapai 4000 jam tayang, maka chanel youtube tersebut dapat mulai mengikuti program periklanan AdSense.





4. Mengikuti Program Periklanan


Baik anda menggunakan Fans Page Facebook, Blog / Website, ataupun Youtube, cara mudah untuk mulai menghasilkan di internet adalah mengikuti program periklanan.


Di blog dan Youtube anda dapat bergabung dengan Google AdSense seperti yang admin singgung di atas tadi. Sedangkan di Fans Page Facebook, anda dapat bergabung dengan Facebook AdsBreak.






Kesimpulan

Jika anda masih ragu, mana di antara 3 alternatif Bisnis online tanpa modal tersebut yang berpotensi untuk sukses?


Perlu anda ketahui, ketiga platform tersebut sama-sama berpotensi untuk sukses. Sekali lagi, sangat tergantung dari seberapa keras usaha anda. Makanya, di atas tadi admin menyebutkan di butuhkan ekstra kesabaran dan konsisten untuk meraih sukses di dunia internet.



Related Posts

Comments