Bab II Strategi Promosi Produk Melalui Facebook Ads




startusaha.com- Artikel ini adalah lanjutan dari postingan minggu kemarin yaitu cara promosi produk, jika anda ingin memahami dari dasar, silahkan ikuti Link Ini agar
anda mengerti secara rinci dari awal-awal. Kembali ke topik yaitu strategi promosi produk melalui Facebook Ads.

Tahap pertama, cobalah jawab pertanyaan dasar berikut…!


Produk apa yang anda pasarkan di internet?


Siapa target konsumen yang anda bidik?



Oke….!









startusaha



Yang jelas, beda produk, berarti beda pula strategi promosi penerapan.
Sebagai gambaran, misalkan anda menjual produk fisik Jaket Kulit Asgar / Asli Garut.
Nah, bagaimana cara mem-promosikan produk tersebut secara efektif dan tertarget?



Jawabannya adalah mengetahui segmen pasar beserta gambaran umum yang spesifik terlebih dahulu. Setelah mengetahui target pasar, tentu saja anda akan mendapatkan gambaran umum.



Contoh:

Umumnya, Jaket Kulit hanya akan di minati kalangan pria kisaran usia 20 hingga 40 serta lebih mengarah ke segment kalangan menengah ke atas. Setelah mengetahui target pasar yang anda bidik, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui strategi pemasaran.




Catatan:

Di atas adalah contoh cara memasarkan produk fisik Jaket Kulit dan sejenisnya, untuk produk-produk lain, silahkan sesuaikan sendiri dengan produk yang anda ingin promosi kan terkait dengan target pelanggan.





Strategi Promosi Di Facebook Ads


Sebelum melakukan promosi di FB Ads, di harapkan jika anda sudah memiliki website toko online. Jika belum memiliki website, anda juga bisa lanjut berpromosi, hanya saja toko online anda nantinya hanya berupa Fans Page.



Sebelum lanjut, masih ingat kah postingan minggu kemarin? Yaitu tentang kriteria website / toko online yang disukai pengguna internet.



3 Kriteria Toko Online Paling Disukai Pengguna Internet



1. Website Terstruktur / Mudah Di Akses

2. Pelayanan Bagus

3. Hanya Menjual Produk Berkualitas




Tapi itu saja belum cukup, perlu beberapa optimasi tambahan agar produk yang anda promosikan di FB Ads semakin menarik perhatian calon konsumen. Salah satunya adalah.




1. Menyediakan Gratis Pengiriman


Siapa yang tidak mau jika berbelanja secara online tidak dikenakan biaya tambahan seperti ongkos kirim. Untuk itu, tawarkan kepada calon pembeli gratis pengiriman. Namun ingat, jangan sampai mengurangi profit keuntungan.




2. Berikan Penawaran Menarik

Selain menyediakan gratis ongkir, anda juga perlu meberikan penawaran menarik lainnya. Seperti mengadakan diskon atau potongan harga.



Tapi untuk mengadakan promosi berupa memberikan diskon, anda juga perlu melihat pergerakan kompetitor atau harga pasar produk yang anda jual.





3. Bermain Angka


Selain mengadakan promosi seperti dua tutorial di atas, anda juga perlu mengoptimasi angka harga yang ditentukan.


Maksudnya, pernahkah melihat daftar harga penawaran seperti misalnya, celana jeans di banderol dengan harga berantakan seperti contoh Rp 399,600,00 ?


Nah, itu sebenarnya adalah teknik promosi yang cukup terbukti ampuh dan sudah banyak diterapkan para pebisnis. Karena apa, ketika orang melihat list harga tersebut, biasanya orang akan reflek mengingat atau melihat di harga 300 ribuan.


Namun sayangnya, teknik ini hanya berlaku bagi anda yang menjual produk-produk yang tidak melibatkan emosi seperti produk yang di contohkan.





4. Berikan Cashback / Marchandise



Selain meningkatkan kredibilitas toko online di mata pelanggan, memberikan cashback tertentu juga akan memperingatkan para pelanggan ke toko online anda yang seakan berkesan banget.

Bahkan mereka juga tidak akan sungkan merekomendasikan toko online anda kepada orang lain.


Anda dapat memberikan pelanggan cashback berupa voucher pulsa pada setiap pembelian tertentu, atau opsi-opsi lainnya, anda juga dapat langsung memberikan bonus berupa marchandise.





5. Buy 3 Get 1 Others Produk


Menggunakan teknik ini juga terbukti ampuh untuk meningkatkan omset penjualan. Anda dapat memberikan pelanggan penawaran buy 3 get 1 yang artinya, beli 3 produk, gratis 1.



5 hal diatas adalah sebagian dari banyaknya contoh cara mengadakan program promosi produk. Setelah anda sudah menentukan menggunakan sistem-sistem tersebut, langkah selanjutnya adalah menyiapkan materi iklan.






Tentukan Tujuan Bisnis Anda



Sekarang, saatnya menentukan target sasaran anda dalam berpromosi menggunakan FB ads. Ingat paragraf awal diatas, kira-kira, siapa yang akan menjadi calon pelanggan?




Pada tahapan ini, tentunya hanya anda sendiri yang bisa menjawabnya. Anda juga bisa mencari referensi menurut Umur, Kelas Ekonomi, serta Gender. Anda perlu memiliki bayangan khusus yang disebut Niche Market.



Optimasi Konten


Terakhir, anda perlu mengoptimalkan konten yang akan digunakan untuk promosi. Dalam hal ini, sangat tergantung dengan produk itu sendiri.


Pikirkan, apakah produk yang anda tawarkan cocok menggunakan video ataukah gambar. Baik menggunakan media gambar ataupun video, paling penting adalah konten tersebut haruslah berkualitas alias harus menarik perhatian.


Karena apa? trafik di Facebook itu tidak punya banyak waktu untuk scrolling nggak jelas. Biasanya pengguna Facebook cenderung cepat menutup laman ketika mereka cukup puas mendapatkan informasi apa yang mereka cari.


Maka, membuat konten sebaik mungkin adalah hal wajib yang harus diterapkan. Bahkan, untuk mengetahui strategi pemasaran lebih mendalam, anda juga perlu memahami tentang Copywriter.







Selanjutnya

Related Posts

Comments