Strategi Meningkatkan Penjualan Produk Di Internet


startusaha.com- Bisa di bilang, profesi paling menjanjikan adalah menjadi seorang pebisnis / entrepreneur. Selain bebas me-manage waktu, penghasilan yang di dapat jika menekuni dunia bisnis memang bisa di katakan jauh dibanding penghasilan para pekerja atau karyawan.


Namun, bukan berarti tanpa tantangan jika anda adalah seorang entrepreneur hebat. Menjadi seorang entrepreneur hebat harus cerdas dalam mengelola atau me-manage bisnis agar bisa selalu tetap eksis. Salah satunya adalah siaga dengan adanya kompetitor, serta siap bersaing sehat dengan para kompetitor.


Tercatat di 2019, ada banyak toko E-commerce baru yang harus segera  anda perhitungkan jika anda tidak ingin tenggelam oleh persaingan yang semakin ketat ini. Dan itu artinya, kesempatan untuk meningkatkan order barang semakin menipis. Sekarang admin akan membahas cara meningkatkan penjualan atau cara meningkatkan omset penjualan anda dalam berbisnis dengan cara yang logis.



Strategi Meningkatkan Order Penjualan 


1. Meningkatkan Kredibilitas

Cara pertama untuk memulai adalah meningkatkan kredibilitas bisnis anda dengan menerapkan strategi terbaik. Bersaing dengan para kompetitor yang cukup ketat nyatanya membutuhkan strategi. Tentu tujuan utama anda adalah meningkatkan order penjualan bukan?


Maka dari itu, meningkatkan kredibilitas bisnis merupakan bagian dari strategi pertama yang harus segera dilakukan. Beberapa hal di bawah adalah contoh cara meningkatkan kredibilitas bisnis.


Memiliki Program Unik

Memiliki program unik terkait dengan pengoptimalan bisnis adalah hal wajib yang harus anda buat. Hal ini terbukti berhasil menarik perhatian pelanggan dan telah di terapkan sebagian besar perusahaan toko online serta para pebisnis kelas menengah.


Contohnya adalah program Flash Sale, Kupon, Poin, Paket Tertentu, dsb. Inilah program yang sudah di terapkan sebagian besar toko online di Indonesia. Program ini sifatnya tidak permanen, melainkan dapat di rubah kapanpun sesuai kehendak.


Berikan Pelayanan Terbaik

Layani pelanggan anda sebaik mungkin, jangan kecewakan pelanggan, apalagi ada unsur tipu daya. Hal ini akan merusak citra bisnis anda sendiri. Ingat, satu orang pelanggan saja anda kecewakan, maka imbasnya akan melebar ke banyak orang.


Sebagai tips tambahan, buatlah pelanggan anda merasa senang dengan pelayanan terbaik. Berusaha untuk ramah serta tidak egois adalah bagian dari strategi. Selalu ingat, pembeli adalah Raja.


Fast Respon

Memberi pelayanan berlebih seperti cepat merespon pelanggan adalah poin lebih serta dapat meningkatkan kredibilitas toko online anda.


Jika ketiga dasar di atas telah anda terapkan, itu berarti, toko online atau bisnis anda berada di jalur yang benar. Namun tetap saja, hal tersebut belum cukup untuk meningkatkan omset penjualan. Ada beberapa PR lagi yang perlu anda kerjakan, salah satunya adalah mencuri perhatian calon pelanggan.



2. Curi Perhatian Pelanggan Dengan Konten / Gambar Menarik

Menurut analisis admin pribadi, nampaknya sebagai penjual melalui media online, kita tidak punya banyak waktu untuk meyakinkan calon konsumen. Alasannya, di internet itu serba terbatas. Para pengguna internet tidak punya banyak waktu untuk scrolling nggak jelas.


 Biasanya, traffic di internet itu cenderung cepat-cepat menutup laman ketika mereka cukup puas mendapatkan informasi apa yang mereka cari di halaman internet. Belum lagi, hal postingan berbau jualan  biasanya tidak disukai pengguna internet.


Startusaha
Doc. Pribadi



Nah, maka dari itu, buatlah konten gambar untuk postingan semenarik mungkin agar bisa membuat calon pelanggan penasaran. Salah satunya adalah menampilkan gambar-gambar terbaik. Terbaik itu seperti apa sih min? Gambar tidak buram serta real picture / asli. Kemudian anda dapat mengoptimalkan gambar tersebut agar lebih ciamik menggunakan tools atau aplikasi.



3. Sesuaikan Gaya Bahasa Dengan Target Konsumen

Beda umur, beda produk, beda target, maka berbeda pula cara kita menyampaikan, atau cara menjual produk tersebut.


Sebagai contoh:

Anda menjual pakaian, katakan lah Jaket Jeans untuk cowok.
Nah, disini berarti sudah jelas bahwa targetnya adalah anak muda yang suka bergaul dengan kisaran umur 18 hingga 30 an.


Maka cara penyampaiannya dapat anda rubah menjadi “Guys, Bro” serta beberapa bahasa gaul lain tapi tidak norak. Atau anda juga bisa belajar Teknik Copywriting
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Kurangi bahasa kaku untuk target pasar anak muda, seperti kata “saya” “anda” “kamu” namun disini, anda harus tetap menunjukkan profesionalisme.



4. Jangan Terlalu Menekan Calon Pelanggan

Maksudnya, kurangi pelanggan dengan ajakan langsung take action, anda tidak perlu merayu-rayu pelanggan secara berlebihan. Hal tersebut merupakan kesalahan fatal yang sering dilakukan para internet marketer.


Tipsnya ya tetap santai, dalam hal ini anda perlu sedikit egois guna memperlihatkan kesan butuh nggak butuh. Bukan apa-apa, kebanyakan merayu atau ajakan langsung membeli justru merupakan tekanan bagi si target / pembeli.


Ibaratnya, kebanyakan menggocek bola bukan malah goal yang tercipta, melainkan akan melenceng ke samping gawang. Dan hal seperti itu sangat-sangat menyebalkan sekaligus memalukan.


Begitu pula dengan strategi pemasaran, jika kebanyakan merayu nantinya para pelanggan akan merasa ilfil serta mengurangi kepercayaan mereka terhadap bisnis yang anda jalani.


5. Fokus

Cara meningkatkan target order barang di bagian ke-5 adalah Fokus. Anda harus fokus pada penjualan, fokus mengelola bisnis, serta fokus pada satu tujuan, yaitu berhasil.


Biasanya, ketika kita kurang fokus mengerjakan sesuatu, maka hasilnya juga tidak akan maksimal.



6. Analisis Perkembangan

Terakhir, setelah anda menerapkan 5 cara meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk menganalisis seberapa jauh perkembangan bisnis tersebut. Ketahui juga Cara Promosi Produk
Karena bisnis tanpa promosi kurang optimal.


Jika dalam sebulan menunjukkan perubahan dan orderan semakin meningkat, berarti berhasil, tetapi jika dalam kurun waktu tersebut tidak menunjukkan perubahan.


Berarti masih ada beberapa PR lagi yang perlu anda kerjakan. Anda dapat membaca tutorial menarik lainnya Disini




Related Posts

Comments