Lihat Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Menghasilkan $$$




startusaha.com- Bagi anda yang akan segera memulai bisnis online dan ingin merasakan manisnya menghasilkan uang di internet, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang akan penulis jabarkan di bawah ini. Bukan apa-apa, terjun ke dunia bisnis baik itu secara online maupun offline, semuanya membutuhkan tekad dan keuletan yang cukup serius.


Khususnya, bagi anda yang memang benar-benar pemula dan tidak tahu banyak soal cara menghasilkan uang di internet. Maka anda akan menemukan beberapa kendala untuk sukses.





Note

Bagaimana tidak, memulai bisnis online dari nol itu ibarat kita mendaki sebuah gunung. Dibutuhkan persiapan yang matang, mulai dari persiapan materi, fisik, hingga memilih waktu yang tepat.


Tahukah anda? Dalam dunia bisnis, akan ada begitu banyak tantangan dan rintangan. Semuanya tidak mudah, di butuhkan kerja keras, serta di butuhkan perjalanan panjang untuk menuju puncak. Seperti itulah gambaran tentang menggapai sebuah kesuksesan.


Jika anda menerapkan strategi yang salah dalam berbisnis online, maka dapat di pastikan anda akan mengalami kegagalan. Untuk itu, anda di tuntut untuk fokus pada satu tujuan, yaitu berhasil dalam menjalankan bisnis online yang akan anda bangun.


Baiklah, tanpa basa-basi sekarang admin akan mulai menjabarkan bagaimana cara memulai bisnis online dari nol hingga menghasilkan sesuai pengalaman pribadi. Hal pertama yang harus anda ketahui adalah mengenali apa itu bisnis online.




Mengenali Apa Itu Bisnis Online



Bisnis online, sangat erat kaitannya dengan cara menghasilkan uang dari internet.



Menghasilkan uang hanya lewat Internet?

Hmm....







insidehead.com



Iya, anda bisa menghasilkan pemasukan tambahan atau bahkan bisa anda jadikan mesin uang hanya dengan memahami sedikit tentang bisnis dan internet. Tetapi, ada satu hal yang harus anda ketahui, mencari penghasilan tambahan lewat internet itu ada beribu cara yang bisa anda terapkan. Mulai dari bekerja sama dengan perusahaan lain, membangun atau menjual produk sendiri, serta menjual beragam jasa yang anda kuasai.



Untuk itu, anda harus paham betul apa itu bisnis online, bagaimana konsepnya, dan seperti apa cara kerjanya.



Umumnya, orang yang masih awam dengan internet akan sedikit bertanya-tanya.




Bisnis online itu apa sih?

Bagaimana cara kerjanya?

Siapa yang menggaji?

Dan Bla.... Bla... Bla...



Itulah beberapa pertanyaan dasar yang sering saya dengar. Entah itu dari e-mail, sosial media, forum, atau bahkan kerabat terdekat yang masih awam. Untuk itu, mari lihat cara kerjanya.



>Browsing

>Menjual / Memasarkan Produk

>Promosi

>Income Masuk Rekening


Kelihatannya cukup mudah. Hanya berselancar internet, kemudian anda bisa menjual produk sendiri atau memasarkan produk orang lain, lakukan promosi, maka keuntungan akan masuk rekening tiap bulan.


Nah, untuk bisa mengerjakan 4 langkah tersebut setidaknya anda harus paham konsepnya, konsep bisnis online yang bisa anda terapkan terbagi menjadi lima bagian.




Konsep Dasar Cara Memulai Bisnis Online



1. Profesional

2. Memiliki / Mengenali Trafik

3. Konversi

4. Riset Kompetitor

5. Modal






1. Profesional

Profesionalisme sangat di butuhkan bagi seseorang yang ingin sukses, termasuk sukses di bidang bisnis. Anda bisa berkaca kepada mereka yang sudah lebih dulu sukses. Siapa di antara mereka yang tidak profesional?


Menurut pendapat pribadi, semua pebisnis yang telah sukses di dunia online maupun offline, semuanya adalah orang-orang profesional, tidak ada di antara mereka yang hanya sekedar main-main. Untuk melihat seberapa jauh tingkat profesionalisme anda sendiri, anda bisa berkaca kepada 5 hal di bawah.



• Memiliki tekad yang kuat untuk sukses.

• Memahami segala resiko terkait dengan dunia bisnis.

• Sanggup me-manage waktu yang hanya 24 jam.

• Siap menerima segala kritikan dan masukan dari orang lain.

• Tidak mudah menyerah pada suatu keadaan.



Jika anda termasuk orang dengan kriteria seperti di atas, admin menganalisis 85 ℅ anda akan berhasil. Namun jika anda tidak termasuk orang dengan kriteria seperti di atas, sebaiknya perbaiki dahulu hal tersebut sebelum melangkah lebih jauh.





2. Miliki Trafik

Trafik merupakan sejumlah pengunjung yang akan menjadi calon pembeli suatu produk atau jasa yang Anda tawarkan di Internet. Tanpa trafik, sangat mustahil rasanya jika bisnis online yang Anda bangun akan sukses.


Sampai disini, kemungkinan Anda akan bertanya.
Dimana saya bisa menemukan trafik?


Kabar baiknya, menciptakan trafik atau menemukan trafik di internet itu sangat mudah. Anda bisa menemukan sejumlah trafik lewat sosial media dan forum-forum seperti Facebook, IG, Twitter, Kaskus, Quora, LinkedIn dan lain-lain.



Atau bagi anda yang ingin memiliki sejumlah trafik yang tidak terbatas, anda bisa membangun website khusus untuk memulai bisnis online dan menjadikan website tersebut sebagai toko online anda.




3. Konversi

Konversi disini, katakanlah adalah suatu produk atau jasa yang akan anda jual kepada audiens atau trafik.
Di dalam dunia bisnis online, hampir setiap produk atau jasa bisa anda jual. Untuk kategori produk di internet juga ada banyak macam atau jenisnya.




Contoh Produk Yang Bisa Anda Jual



A. Produk Fisik

Produk fisik meliputi berbagai macam jenis, seperti Gadget atau Smartphone, Elektronik & Komputer, Fashion, Peralatan rumah tangga, serta berbagai macam produk fisik lainnya yang ingin anda niaga kan.


Di internet, kesemuanya itu dapat anda jual dan pasarkan dengan mudah, bahkan lebih mudah jika di bandingkan dengan di pasarkan secara offline. Asalkan, produk yang anda jual tersebut tertarget dan anda sendiri sudah memiliki personal branding yang baik di mata netizen.




B. Produk Digital
Contoh produk Digital yang bisa anda jual di internet adalah E-book, Video Tutorial, Software Komputer, serta berbagai macam produk Digital lainnya.


Kelebihan khusus jika anda menjual produk digital adalah sangat cocok dengan perkembangan jaman. Saat ini di 2019, produk-produk digital sangat potensial untuk bisnis online. Contohnya seperti Video Tutorial dan Software Komputer yang di butuhkan banyak orang.




C. Menjual Jasa

Nah, ini merupakan opsi terakhir jika anda tidak memiliki sekumpulan produk untuk di jual di internet. Yaitu menjual jasa. Saat ini, jasa apapun sesuai keahlian dapat anda manfaatkan menjadi sumber penghasilan. Mulai dari hal sepele seperti membuka jasa cetak surat undangan, jasa pembuatan paspor, jasa editing video dan lain sebagainya.


Di bisnis online, hampir setiap bentuk jasa bisa anda jual di internet, bagi anda yang menguasai dunia tulis menulis. Anda bisa mencoba peruntungan untuk membangun sebuah blog atau membuka jasa tulis artikel.


Kemudian jika blog / website yang anda bangun sudah cukup umur dan memiliki ribuan visitor, maka cara paling mudah untuk menghasilkan uang di internet adalah dengan mengikuti program periklanan.



4. Riset Kompetitor

Sebelum memulai bisnis online, hal penting yang harus anda pahami adalah meriset kompetitor. Perhatikan baik-baik, di bisnis online sejatinya tidak jauh berbeda dengan bisnis dunia nyata atau offline. Dimana di dalam lingkaran tersebut pasti akan ada yang namanya persaingan.


Tugas anda sebelum memulai bisnis online bukan berarti harus mundur sebelum bertempur, yang perlu anda lakukan adalah menganalisis seberapa kuat kompetitor yang akan menjadi pesaing anda dan ketahui lebih jauh tentang kelebihan serta kekurangan kompetitor. Dengan begitu, tentu saja anda akan mengetahui langkah sebelum memulai bisnis online.




Sebagai contoh...


Misalnya anda ingin mengembangkan atau membangun bisnis online shop baju. Dalam lingkaran online shop baju sudah pasti dan jelas pasti ada banyak toko online atau penjual baju secara online yang sudah lebih dulu eksis.


Makanya, disinilah di butuhkan riset kompetitor, jika kompetitor anda menjual baju kaos seharga Rp 70.000 maka untuk menarik perhatian calon pembeli, anda bisa menjual baju kaos seharga Rp 65.000.


Tips untuk melawan kompetitor yang cukup kuat memang seperti itu. Jadi anda tidak boleh langsung mengambil keuntungan yang sama seperti pesaing anda. Alasannya cukup jelas, pertama. Kompetitor atau pesaing anda pastinya sudah lebih dulu eksis dan sudah terpercaya kredibilitasnya. Kedua, anda merupakan pemain pemula, yang jelas anda masih belum mampu untuk menyaingi kompetitor yang lebih dahulu eksis. Itu hanya contoh kecil, untuk pengoptimalan bisnis online lebih lanjut, anda bisa bereksperimen sendiri.




5. Modal

Terakhir, setidaknya anda butuh modal untuk memulai bisnis online. Modal paling utama adalah perangkat dan paket data yang akan anda gunakan untuk browsing.


Paling minim, anda harus memiliki perangkat Android untuk menunjang segala kebutuhan terkait dengan dunia internet. Namun alangkah idealnya jika anda menggunakan perangkat PC Desktop, ataupun Laptop untuk browsing.



Sebelum memulai bisnis online, biasanya orang akan terkendala dengan beberapa hal. Contohnya...



Min, saya tidak punya modal untuk usaha online?

Min, saya tidak memiliki produk untuk di jual di internet?


Harap di ingat, walaupun anda tidak memiliki produk untuk di jual di internet, anda bisa bekerja sama dengan perusahaan lain. Anda dapat menjadi reseller produk yang ditawarkan perusahaan.


Seperti yang saya singgung di atas, bahwa sejatinya cara menghasilkan uang di internet itu ada beberapa metode yang bisa anda terapkan. Nah, bagi anda yang masih kebingungan mengenai produk yang akan anda jual di internet, ikuti panduan terpisah yang di khususkan di halaman Alternatif Bisnis Online Tanpa Modal.



Atau dengan menjual jasa seperti yang admin singgung di atas. Tidak alasan untuk malas, di internet sejatinya ada banyak peluang bisnis online. Sekarang admin akan membahas ke topik utama yaitu cara memulai bisnis online dari nol.




Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol


Setelah anda hafal betul tentang meriset pasar & kompetitor atau pesaing anda, langkah selanjutnya untuk memulai bisnis online adalah memulainya dari sekarang dengan 5 konsep dasar yang admin bahas di atas tadi. Yaitu.


• Profesional

• Memiliki Trafik

• Konversi

• Riset Kompetitor

• Modal



Ok... Disini saya asumsikan anda sudah siap segala sesuatunya untuk memulai bisnis online.


Ingat cara kerja diatas tadi...



Browsing Internet > Menjual Memasarkan Produk > Promosi > Income Masuk rekening.




√ Browsing


Browsing internet disini tujuannya adalah untuk menemukan Trafik yang tertarget. Untuk para pemula yang ingin belajar memulai bisnis online, sangat disarankan untuk memanfaatkan Trafik dari sosial media. Selain gratis, trafik dari sosial media juga tidak kalah banyak jika di bandingkan dengan traffic dari Google.



Anda bisa mencoba membuat profile khusus untuk di gunakan berjualan di internet, atau jika anda memiliki sedikit modal berlebih, anda bisa membangun brand / toko online menggunakan Fans Page Facebook dan beriklan di FB ads agar trafik yang anda inginkan semakin tertarget.



Agar bisnis online yang anda bangun semakin cepat dikenal, jangan hanya menggunakan satu sosial media saja. Anda harus aktif di beberapa sosial media lain seperti Instagram, Twitter dan lain-lain. Namun harap di ingat, di antara akun yang anda miliki di beberapa sosial media lain haruslah tersinkron. Setelah itu, langkah selanjutnya anda dapat langsung memasarkan produk yang anda jual.




√ Memasarkan Produk



Setelah akun anda di sosial media sudah cukup aktif dan bisa terkoneksi dengan banyak orang, langkah selanjutnya adalah memulai untuk belajar seputar cara pemasaran online yang tepat dan tertarget.



Untuk itu, anda di tuntut untuk mengenali lebih detail tentang produk yang akan anda pasarkan di internet. Maksudnya begini, misalnya anda akan memasarkan obat perawatan kecantikan wajah.



Tugas anda sebagai penjual adalah mengetahui target pasar yang ideal.


Kemudian silahkan tanya pada diri sendiri.


Siapa kira-kira yang akan menjadi konsumen obat perawatan kecantikan wajah?



Secara logika, obat perawatan kecantikan wajah kemungkinan besar akan di minati oleh para perempuan dengan umur sekitar 17 sampai dengan 40 tahun.



Nah, ketika Anda sudah mengetahui target pasar yang akan menjadi calon konsumen produk yang anda jual, kemudian lakukan pemasaran secara tepat dan efektif. Salah satunya adalah menggunakan Teknik Copywriting


Ingat, orang-orang di sosial media biasanya sangat tidak menyukai hal berbau promosi atau berjualan. Anda bisa mengubah trik atau cara memasarkan produk di media sosial.


Jangan melakukan posting atau men-share produk secara membabi buta. Cara seperti itu kurang efektif. Alih-alih dapat perhatian konsumen, bisa jadi akun anda nantinya akan di cap sebagai spammer.


Untuk menghindari hal seperti berikut anda bisa melakukan cara yang efektif atau mengetahui strategi pemasaran di sosial media.
Untuk strategi marketing di sosial media, anda bisa bergabung dengan grup ataupun forum yang cukup aktif sesuai dengan produk yang anda pasarkan.




Contohnya anda memasarkan produk obat perawatan kecantikan wajah misalnya, carilah group yang paling relevan dan memiliki ribuan member aktif.

Anda bisa bergabung dengan group konsultasi kecantikan para perempuan, group kecantikan wanita Indonesia, atau group lainnya yang spesifik dengan produk yang anda jual. Kemudian silahkan bergabung.





Namun harap di ingat jangan dulu promosi, yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mengamati member atau pengguna di grup tersebut. Karena, ada banyak sebagian admin grup yang melarang para member untuk melakukan postingan jual beli.



Setelah itu, kemudian saatnya membangun personal branding yang baik di grup atau forum yang anda ikuti. Bagaimana caranya, cara paling efektif adalah berusaha untuk aktif di grup tersebut, kemudian anda bisa memberikan tips pemecahan masalah yang di hadapi para member. Bisa berupa berkomentar, inspirasi, tips trik, silahkan anda aktif di grup tersebut sehingga anda semakin dikenal para member lain.



Untuk lebih detail seputar cara memasarkan produk, silahkan lanjutkan membaca pada postingan yang admin bagikan secara terpisah silahkan masuk sini. Strategi Pemasaran Produk.






Related Posts

Comments