Mau Jadi Bos? Kuasai Skill Serta Tips Entrepreneur Sukses



startusaha.com- Siapkan segelas kopi atau teh hangat, jangan lupa sertakan juga cemilannya untuk menambah semangat serta menghilangkan rasa jenuh. Istirahatlah dengan santai, lupakan rutinitas pekan ini dan silahkan duduk manis di depan komputer sambil membaca tips menjadi entrepreneur sukses yang akan admin ulas secara terbuka.





startusaha




Baiklah, sebagai bahan motivasi pertama yang perlu anda ketahui adalah, seorang bos atau entrepreneur sukses itu tidak pernah luput dari rasa haus dan lapar. Dalam hal ini adalah lapar ilmu serta strategi-strategi terbaru tentang bisnis.


Para entrepreneur sukses tidak tidak hanya diam di satu tempat, biasanya mereka akan terus bereksplorasi terkait dengan permasalahan bisnis yang sedang di rintis. Mereka akan selalu belajar dari kesalahan, lalu berusaha mengambil pelajaran serta tidak lupa langsung menerapkannya.



Masih Mau Jadi Bos?


Jadi Bos, sangat erat kaitannya dengan kepemimpinan. Menjadi seorang pemimpin sukses itu tidak mudah, ini berlaku bagi kepemimpinan apapun yang anda pegang saat ini.


Entah itu memimpin diri sendiri, memimpin keluarga, memimpin organisasi, hingga memimpin suatu perusahaan yang kita bahas kali ini.


Ketika anda memimpin suatu perusahaan, sebagai manager atau bos, anda di tuntut untuk cerdik melihat peluang, Pintar Mengelola Keuangan, hingga smart menciptakan terobosan-terobosan baru terkait dengan perusahaan yang anda kelola saat ini.



Jika anda kurang begitu agresif menjadi seorang bos, tentu saja kompetitor lah yang akan memenangkan persaingan di bisnis yang anda jalani saat ini. Itulah tugas seorang pemimpin di suatu perusahaan. Tapi itu saja belum cukup, ada beberapa hal lagi yang perlu anda ketahui sebagai tips entrepreneur sukses.




Tips Menjadi Entrepreneur



1. Siap Menanggung Resiko





Yang pasti, seorang manager di bidang bisnis itu harus siap menanggung resiko. Mengetahui pergerakan pasar, serta dapat memprediksi segala resiko menyangkut dengan bisnis yang di bangun. Bicara soal resiko, sampai disini mungkin anda akan bertanya.


Resiko itu apa sih min?


Tiap-tiap sesuatu yang berkaitan dengan hidup, pasti mengandung resiko. Tidak terkecuali dalam urusan bisnis.



Sebagai Contoh:


Seorang karyawan beresiko di pecat atasan, seorang petani beresiko gagal panen, apapun itu pasti mengandung resiko, begitupun anda seorang bos, resiko seorang entrepreneur yang paling umum adalah tersita waktu dan pikiran atau gagal menjadi pemimpin perusahaan yang berimbas pada kebangkrutan.



Sebagai startup bisnis, tentu saja anda harus memahami segala resiko atau konsekuensi menjalankan bisnis yang anda geluti. Namun bukan berarti anda harus menyerah, justru dengan memahami kemungkinan yang akan terjadi, anda akan lebih sigap meminimalisir terjadinya kegagalan.




2. Pantang Menyerah


Entrepreneur sukses itu pantang mengatakan mundur sebelum bertempur. Gagal dalam berusaha itu adalah hal biasa dan sangat wajar.


Lalu, apa yang menjadikan entrepreneur luar biasa?


Yang luar biasa dari seorang entrepreneur adalah tidak mudah menyerah.


Untuk itu kita perlu mencontoh seorang milyader yang pernah mengalami krisis hingga akhirnya mampu bangkit kembali, yaitu Robert Budi Hartono.


Siapa sangka, pemilik saham terbesar PT Djarum dan Bank Central Asia ( BCA ) ini pernah mengalami krisis di ujung kebangkrutan sebelum berjaya.



Jika melihat berita yang beredar di internet, dulu pabrik Djarum pernah mengalami kebakaran hebat hampir menghancurkan semua aset perusahaan. Dan saat itulah, Budi Hartono langsung bergerak memperbaiki dan mencoba bangkit kembali dari keterpurukan hingga hasilnya bisa anda lihat saat ini.





3. Bisa Me-manage Waktu 24 Jam

Tips entrepreneur sukses bagian ke-3 adalah tentang waktu. Ingat, satu hari kita hanya memiliki waktu 24 jam, satu minggu hanya 7 hari, satu bulan 4 minggu, dan satu tahun hanya 12 bulan.



Dasar atau fondasi kuat seorang entrepreneur adalah cerdas mengatur waktu. Ini penting sekali untuk di terapkan, jadi jangan sepelekan tentang waktu. Meskipun terlihat cukup mudah, mengatur waktu itu tidak semudah seperti yang kita pikir.


Time is Money…

Ya… waktu adalah uang.


Paling dasar, anda harus bisa mengatur waktu yang 24 jam, waktu istirahat, waktu kerja, waktu ibadah, semua harus ada jatah atau porsinya masing-masing.


Tiga hal dasar di atas adalah fondasi yang harus anda bangun. Khususnya bagi anda yang mau terjun ke dunia Bisnis. Tapi itu saja belum cukup, jika melihat persaingan yang semakin ketat, anda perlu menguasai skill entrepreneur.






Skill Entrepreneur Sukses



1. Berjiwa Bisnis


Jadi begini, menjadi seorang entrepreneur itu harus berkarakter bisnis. Karena jika menurut pengamatan, ada beberapa orang berkarakter pekerja, dan ada juga orang yang memiliki karakter bisnis.


Karakter Bisnis itu seperti apa min?


• Mencintai dunia Bisnis

• Suka Bersosial




2. Mampu Berkomunikasi Dengan Baik


Komunikasi yang bagus ketika berinteraksi dengan karyawan, client, atau dengan banyak orang, haruslah dimiliki seorang pemimpin suatu perusahaan.


Bagaimana pun, anda adalah pemilik bisnis, anda adalah nyawa dari perusahaan, sangat tidak ideal rasanya jika anda sendiri sebagai pemimpin selalu mengandalkan bawahan untuk berkomunikasi dengan para client atau karyawan.


Untuk itu, menguasai berbagai hal adalah kewajiban bagi seseorang bos atau pemimpin di suatu perusahaan. Termasuk berinteraksi dengan banyak orang.





3. Siap Mengikuti Perkembangan Zaman


Sebagai bos, bagaimana cara mengembangkan bisnis dan bagaimana cara Meningkatkan Profit Penjualan adalah sepenuhnya tanggung jawab anda sebagai manager.



Sebagai manager tentu saja harus siap mengikuti perkembangan zaman. Misalnya, saat ini anda sedang menjalankan bisnis dan menjual beraneka macam pakaian. Lihatlah pergerakan perubahan transaksi menjadi serba digital dan dapat di akses hanya dengan satu genggaman saja.



Imbasnya, banyak pesaing anda yang mulai terjun mengembangkan bisnisnya ke dunia internet karena mereka melihat internet itu memiliki potensi yang cukup besar untuk bisnis.





4. Tidak Gaptek Teknologi



Skill yang harus di kuasai seorang entrepreneur di era milenial bagian ke-4 adalah tidak gaptek teknologi.




Anda di tuntut untuk mengerti fasilitas-fasilitas internet, tidak harus menjadi master, cukup mengerti dasar internet saja seperti mengetahui apa itu website, menggunakan e-mail, sosial media, dan lain-lain.






5. Mampu Mengelola Karyawan

Mengelola karyawan bukan perkara gampang, susahnya bukan hanya tentang memberikan gaji yang sesuai saja, tapi lebih mengarah kepada pembinaan yang tepat terhadap karyawan tersebut.


Apalagi jika bukan hanya satu atau dua orang saja, tentu ini akan merepotkan anda sebagai bos. Anda harus hafal perbedaan karakter tiap-tiap karyawan. Karena ada sebagian karyawan yang kerjanya hanya mengadu domba, mencuri-curi perhatian dan karakter negatif lain yang akan mengganggu produksi penjualan.





6. Konsistensi Berusaha


Terakhir, anda harus konsisten menjalankan bisnis. Inilah skill sesungguhnya yang harus dikuasai seorang manager. Bersungguh-sungguh dan mau berproses, serta di barengi dengan konsistensi adalah modal utama Entrepreneur sukses.



Setelah memahami materi di artikel ini, sangat diharapkan jika anda sebagai calon entrepreneur sukses bisa menerapkannya. Karena hal tersulit adalah penerapan ilmu atau pelaksanaan. Bisa jadi anda sudah paham, namun penerapannya belum juga di mulai.









Related Posts

Comments