Panduan Lengkap Cara Mendapatkan Uang Di Internet




startusaha.com- Masih bingung caranya?

Pernahkah mendengar bahwa di era milenial ini, sebuah Internet bisa kita manfaatkan untuk dijadikan sumber penghasilan?




startusaha.com


Jika anda bertanya, bagaimana cara mendapatkan uang di internet?



Sebuah pertanyaan simple namun membutuhkan jawaban yang sangat-sangat kompleks.


Sebelum lebih jauh, dapat di katakan bahwa mendapatkan uang di internet itu memang benar-benar real alias bukan mitos belaka. Namun perlu anda ketahui, jangkauan atau jaringan internet itu sangat luas dan tak terbatas, ada beragam atau beberapa metode yang biasanya di terapkan para internet marketer untuk mencari pekerjaan di internet dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.



Mulai dari bergabung / join dengan perusahaan lain, memasarkan atau menjual produk sendiri, menawarkan berbagai macam jasa, serta menjadi content creator bermanfaat. Bukan hanya itu, masih banyak lagi alternatif lain yang sering di gunakan para internet marketer untuk mencari penghasilan tambahan lewat internet.


Disini saya simpulkan bahwa memang sebuah internet bisa anda gunakan untuk mencari uang. Namun saya tekankan, tetap saja yang namanya usaha, baik lewat internet ataupun lewat dunia nyata, semuanya membutuhkan ekstra kerja keras, kesabaran, serta keuletan, dan menurut admin pribadi, hal tersebut sama sekali tidak ada yang instan.


Bukan omong kosong, itu merupakan pengalaman pribadi selama menekuni dunia bisnis online. Jadi, jika anda mau menekuni dunia bisnis online, syaratnya ya seperti itu. Anda harus sabar dan tekun. Di artikel kali ini, admin akan membahas lebih jauh mengenai cara mendapatkan uang di internet. Syarat pertama yang harus anda kuasai sebelum memulai adalah mengenali Internet.




Pahami Internet Lebih Terperinci


Ok, jika anda sudah cukup paham mengenai internet, silahkan skip saja bagian ini. Namun jika anda kurang begitu familiar dengan internet, silahkan lakukan pembelajaran lebih dalam tentang prinsip dasar internet.



Seperti yang admin singgung di atas tadi, dunia internet itu sangatlah luas dan tak terbatas. Makanya, sangat-sangat penting atau bisa di bilang kunci utama keberhasilan mengenai bisnis online adalah bisa memahami internet secara terperinci.


Untuk itu, anda harus paham betul bagaimana cara menggunakan E-mail, bagaimana cara menggunakan sosial media, bagaimana cara mengakses situs, apa itu website, mengenali produk Google, dan lain-lain yang terkait dengan dunia internet.


Nah, jika anda sudah menguasai apa yang admin sebutkan di atas, maka disini saya berani menjamin anda akan cepat sukses. Tetapi jika sebaliknya, lakukan pembelajaran dan pahami lebih jauh lagi.


Karena apa?

Jika anda bertekad ingin mencari penghasilan lewat internet, nantinya anda di tuntut untuk selalu terhubung dengan internet.



Intinya, jangan menganggap remeh terlebih dahulu. Karena, ada sebagian orang yang belum menguasai atau mengerti fasilitas-fasilitas internet. Imbasnya, ketika ada tutorial sedikit saja yang terkait dengan internet, maka anda akan kesulitan untuk memahami apa maksud dan tujuan tutorial tersebut.



Jika anda sudah paham betul fasilitas-fasilitas internet, maka langkah selanjutnya adalah memahami cara kerjanya.




Panduan Lengkap Cara Kerja Di Internet


Di atas tadi, telah di sebutkan bahwa secara global, ada beragam cara yang sering digunakan para internet marketer untuk mulai mencari penghasilan di internet.


Umumnya, orang-orang yang masih awam akan menanyakan hal-hal berupa, bagaimana mungkin sebuah internet bisa menghasilkan uang?


Apa itu bisnis online?

Seperti apa cara kerjanya?

Siapa yang membayar?


Jika pemikiran anda sebelumnya seperti itu, hal yang sangat wajar karena dulu saya pribadi juga berfikir demikian. Ok, disini admin akan menjelaskan lebih detail mengapa internet bisa dijadikan mesin uang.




Sebagai Contoh....

Selama anda sering berselancar di internet, pernahkah melihat gambaran seperti di bawah.




startusaha.com


Nah, gambar di atas adalah contoh cara memanfaatkan akun Facebook menjadi sumber pendapatan, yaitu dengan menjual produk / berjualan. Atau bisa di bilang, contoh seperti di atas merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis-jenis bisnis online.


Ingat! Faktanya, penyedia internet itu tidak membayar kita. Melainkan, kita akan dibayar oleh kerja keras kita sendiri seperti contoh di atas yaitu mencari keuntungan lewat berdagang. Hanya saja, cara berjualan nya menggunakan internet untuk memasarkan produk tersebut.


Jika anda memiliki sekumpulan produk untuk di jual melalui internet, anda dapat belajar pada postingan yang admin bagikan secara terpisah. Silahkan masuk link berikut untuk membaca kiat-kiat seputar Cara Memulai Bisnis online dari nol.




Perhatikan contoh ke-dua....




recode.id




Nah, contoh gambar di atas adalah bergabung dengan perusahaan yang menyediakan jasa periklanan. Dalam hal tersebut adalah mengikuti program partner Google AdSense melalui YouTube. Bisa dibilang contoh diatas adalah cara menghasilkan uang di Youtube melalui program iklan.


Ke-dua contoh diatas adalah sebagian dari banyaknya jenis-jenis cara mendapatkan uang di Internet. Contoh pertama adalah berniaga / jualan, sedangkan gambaran kedua adalah memanfaatkan platform YouTube kemudian berkerja sama dengan Google AdSense sebagai program periklanan untuk meraup hasil dari kerja keras membuat konten berupa Video.



Sampai disini, jika anda memiliki pertanyaan seperti, bisakah saya memulai bisnis online dari nol? Atau bisakah saya menerapkan metode bisnis online tanpa modal?




Jawabannya adalah BISA.


Tetapi di balik itu semua, ada beberapa hal yang harus anda pahami agar nantinya berjalan sesuai panduan. Yaitu mengenali beberapa metode dan menerapkannya sesuai keahlian.



A. Menjadi Konten Kreator
B. Menjual Produk




A. Menjadi Konten Kreator


Opsi pertama adalah menjadi seorang konten kreator yang bermanfaat bagi pengguna internet lain. Namun perlu di ingat, konten terbagi menjadi beberapa jenis.


1. Video

2. Artikel

3. Software

4. E-book

5. Design Grafis

6. Dan lain-lain



Di tutorial kali ini, sangat di harapkan jika anda bisa membuat konten sesuai keahlian ataupun sesuai passion yang anda minati.

Admin paham, setiap orang memiliki kemampuan dan hobi yang berbeda-beda.


Idealnya, buatlah konten sesuai dengan keahlian anda sendiri. Misalnya anda sangat gemar atau menyukai dunia editing video, maka cara yang cocok untuk mulai mendapatkan uang di internet adalah melalui YouTube.





1. Membangun Chanel YouTube


Anda dapat membangun chanel youtube, kemudian jika chanel youtube yang anda kelola sudah memenuhi persyaratan, maka anda dapat mengajukan untuk mulai menayangkan iklan. Nah, untuk penyedia program periklanan nya sendiri, anda dapat bergabung dengan Google AdSense yang masih satu pemilik dengan YouTube.



Ah... Saya tidak menguasai dalam hal editing, saya lebih menyukai dunia tulis-menulis.



Nah, mungkin platform yang cocok untuk anda adalah membangun blog / website. Kemudian anda bisa mencoba membuat konten berupa artikel yang bermanfaat bagi orang lain.




2. Membangun Blog

Selain meningkatkan personal branding, untuk saat ini kegiatan blogging juga sangat potensial untuk dijadikan investasi masa depan, dan merupakan salah satu cara mendapatkan uang di internet melalui blog.


Setelah blog yang anda kelola sudah memenuhi persyaratan, sudah cukup umur, serta sudah memiliki trafik dari Google penelusuran, maka anda dapat bergabung dengan Google AdSense untuk blog. Karena baik di blog atau youtube, alternatif pertama yang sering digunakan pakar internet adalah bergabung dengan Google AdSense.




3. Menjadi Developer


Jika anda menguasai bahasa pemrograman seperti JavaScript dan sejenisnya. Mungkin dengan menjadi developer aplikasi bisa anda pertimbangkan. Anda dapat membuat aplikasi unik untuk platform android.


Namun untuk memiliki akun Google Developer, sayangnya Google tidak menawarkan paket gratisan seperti blog dan youtube.


Ketika anda membuat akun Google Developer, maka nantinya akan dikenakan biaya pendaftaran yang mencapai ratusan ribu rupiah.







4. Lainnya


Masih banyak alternatif terkait dengan cara menghasilkan uang di internet atau pun Bisnis Online Tanpa modal. Seperti mengikuti program survei online, membangun Fans Page dan mengikuti Adsbreak khusus Facebook. Karena memerlukan pembahasan khusus, kemungkinan tutorialnya akan admin share di lain kesempatan.



B. Menjual Produk



Selain menjadi seorang konten kreator, cara ke-dua yang bisa anda terapkan untuk mulai mendapatkan uang di internet adalah menjual produk.


Saat ini, hampir semua produk bisa anda pasarkan melalui internet. Baik itu produk digital, ataupun produk fisik. Jadi, alternatif kedua adalah menjual produk. Namun jika anda memiliki kendala seperti.



Min.. Saya tidak punya modal utama untuk menjual produk?


Apakah masih bisa mencari penghasilan di internet?


Jawabannya adalah bisa. Yaitu bergabung dengan perusahaan lain seperti menjadi reseller.


Lebih detail tentang cara memulai bisnis online / menjual produk dari nol, mungkin tutorialnya akan admin buatkan secara terpisah di lain kesempatan.










Related Posts

Comments