Strategi Pemasaran Produk Di Internet Secara Tertarget Tepat Sasaran




startusaha.com- Faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis online adalah memahami lebih jauh seputar strategi pemasaran. Menurut analisa pribadi, meskipun para pengguna telah di mudahkan dengan kecanggihan teknologi, nyatanya masih ada banyak para pebisnis online yang masih belum bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan baik. Untuk memahami lebih jauh seputar cara memasarkan produk di internet, anda di tuntut untuk mengenali produk secara terperinci, agar nantinya produk yang anda jual tertarget atau tepat sasaran.



Ketika anda akan Memulai Bisnis Online dengan menjual produk di internet namun anda sendiri tidak mengenali lebih rinci tentang produk tersebut, maka nantinya anda akan kesulitan untuk memasarkan produk itu sendiri lewat internet. Maka dari itu, sangat penting sebelum memulai usaha, untuk mengenali produk yang akan anda jual agar nantinya anda tidak akan tersesat di tengah jalan.




Bermacam-macam Produk Di Internet


Sebagai gambaran umum, produk yang bisa anda jual di internet itu beragam. Umumnya ada produk Fisik dan juga ada Produk Digital. Produk fisik meliputi berbagai macam, seperti Elektronik & Komputer, Fashion, Gadget dll. Sedangkan untuk produk digital, contohnya seperti E-book, Software, Video Tutorial, dan lain-lain yang berkaitan dengan produk digital.



Perlu anda ketahui, setiap jenis produk yang anda pasarkan di internet baik itu produk fisik ataupun produk digital, semuanya tidak sama mengenai cara pemasarannya. Jadi pada intinya, tiap-tiap produk yang berbeda, maka berbeda pula seputar cara memasarkannya.



Nah, disini anda harus paham strategi pemasaran online terkait dengan produk yang anda tawarkan. Misalnya, anda akan menawarkan atau menjual produk fisik seperti contoh Aksesoris Smartphone secara online. Silahkan tanya kepada diri sendiri.



Siapa kira-kira yang akan menjadi target atau pembeli aksesoris smartphone?


Ini merupakan analisis pribadi tanpa menggunakan tools apapun, saya kira produk seperti contoh aksesoris smartphone akan di minati kalangan remaja laki-laki dan perempuan dengan kisaran umur 17 sampai 35 tahun. Itu berarti target konsumen yang anda bidik menjadi lebih spesifik.



Atau gambaran ke-dua, misalnya anda akan memasarkan produk Digital seperti contoh E-book Belajar Komputer, maka secara gambaran umum dan sekali lagi tanpa menggunakan tools apapun, umumnya E-book Belajar Komputer akan di minati kalangan pelajar dengan kisaran umur 15 sampai 24 tahun. Jadi, setelah mengenali siapa target pasar yang anda bidik, maka tentu saja anda akan memiliki gambaran kepada siapa nantinya produk tersebut akan di jual. Tidak hanya menetapkan target konsumen, agar anda memiliki kredibilitas dan dapat di percaya calon pembeli, anda dapat membangun personal branding terlebih dahulu sebelum memulai.





Membangun Personal Branding Untuk Strategi Pemasaran



Personal branding adalah sebuah fondasi yang harus anda bangun sebelum mendirikan suatu usaha atau bisnis. Khususnya di bisnis online, anda harus paham seluk beluk internet yang sangat luas. Disini saya tekankan, bisnis online sangat erat kaitannya dengan cara menghasilkan uang di Internet. Untuk itu, anda harus paham betul bagaimana cara menggunakan E-mail, bagaimana cara menggunakan sosial media, serta bagaimana cara menggunakan produk Google dan lain-lain.



Karena apa? Ada banyak para pemula yang ingin terjun ke bisnis online, namun ketika saya menanyakan bagaimana cara menggunakan e-mail, mereka sama sekali belum mengerti secara detail. Meskipun terlihat sepele, memahami lebih jauh seputar fasilitas-fasilitas internet adalah hal wajib yang harus anda kuasai karena di bisnis online, nantinya anda akan selalu terhubung dengan internet.




Kembali ke topik. Lalu, bagaimana cara membangun personal branding?




Kabar baiknya, membangun personal branding bukanlah perkara sulit dengan catatan, anda memiliki tekad yang kuat dan mau sedikit berproses. Cara paling mudah agar anda dikenali banyak orang dan memiliki personal branding yang bagus adalah menjadi seorang Konten Kreator.







• Idealnya, konten-konten yang anda buat haruslah terkait atau relevansi dengan produk yang akan anda jual. Anda dapat belajar membangun personal branding di postingan yang admin bagikan secara terpisah di sini Cara Membangun Personal Branding. Tujuan membangun personal branding sendiri adalah untuk mendapatkan suatu kepercayaan audiens di internet. Setelah anda memiliki fondasi yang kuat, maka langkah selanjutnya adalah menerapkan strategi pemasaran secara online.





Menerapkan Strategi Pemasaran Tepat Sasaran




startusaha



Disini, kita akan belajar memanfaatkan trafik dari sosial media dan forum-forum untuk memasarkan produk seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Namun alangkah lebih baik lagi jika anda sudah memiliki website toko online agar nantinya anda dapat mensinkronisai sosial media tersebut agar lebih optimal untuk brand yang anda jual.


Ibaratnya, sebuah website toko online adalah jangkar utama, sedangkan sosial media merupakan penunjang untuk mendapatkan trafik pengunjung. Berikut admin rangkum langkah-langkah cara memasarkan produk di internet yang terbagi menjadi lima langkah dasar.




1. Aktif di Medsos


Poin penting, anda di tuntut untuk selalu aktif dan mengikuti perkembangan bisnis melalui sosial media. Tidak cukup hanya sekedar aktif di sosial media, anda juga di tuntut untuk lebih jeli dalam memanfaatkan potensi bisnis melalui trafik sosial media ini.


Dengan begitu, tentu saja anda akan mengetahui apa yang sedang trend tebaru, dan dapat menyiapkan strategi pemasaran lebih lanjut. Kemudian pahami lagi lebih jauh seputar risetting produk.



2. Bidik Target Audiens



Nah, ini masih terkait dengan paragraf di atas tadi yaitu mengenali produk yang akan anda pasarkan. Tentu tujuan utama anda adalah memasarkan produk lewat internet secara tertarget alias tepat sasaran bukan.




Bagaimana caranya?



Caranya adalah ketahui basic trafik sesuai target yang anda bidik.




Sebagai Contoh:

Misalnya anda akan memasarkan produk Obat Perawatan Kulit. Menurut analogika, produk seperti Obat Perawatan Kulit akan di minati kalangan perempuan dengan kisaran usia 17 sampai dengan 40 tahun.



Nah, tugas anda adalah mengetahui tempat dimana para perempuan itu berkumpul di internet. Umumnya, para wanita akan menghabiskan waktunya untuk eksis di Instagram dan Facebook.


Khusus untuk cara promosi di Facebook, dan agar pemasaran anda semakin spesifik, carilah grup yang paling relevansi dengan produk yang anda jual. Anda dapat bergabung dengan grup Konsultasi Kesehatan, Konsultasi Kecantikan dan lain-lain yang sekiranya spesifik. Dan pastikan grup tersebut haruslah memiliki ribuan member aktif.



Tapi, harap di ingat. Jangan dulu melakukan postingan berbau jual beli di grup yang anda ikuti. Sedikit bocoran, biasanya orang-orang di Facebook sangat tidak menyukai postingan berbau promosi.



Cara lama yang sering di gunakan para reseller adalah mengenalkan produk sebanyak mungkin melalui grup, kronologi teman, fans page secara membabi buta. Dengan tujuan semakin banyak melakukan posting, maka semakin besar kesempatan untuk cepat di kenal dan mendapatkan banyak pelanggan.



Sampai disini saya tekankan, sayangnya cara seperti itu kurang efektif. Alih-alih mendapatkan perhatian, kemungkinan besar akun anda akan di cap sebagai spammer dan di kick admin grup.



Lalu bagaimana cara berjualan di Facebook dengan benar?



Langkah pertama, anda dapat membangun personal branding yang baik dahulu sebelum memulai bisnis online. Maksudnya, akun yang akan anda kelola untuk berjualan haruslah sudah aktif setidaknya minimal 6 bulan.



Kemudian, pastikan bahwa akun anda cukup baik di kalangan para pemirsa teman anda di Facebook, selanjutnya anda dapat membangun trik personal branding untuk kepercayaan calon konsumen.



Silahkan bangun kepercayaan berupa membuat postingan tips dan trik seputar produk. Baik itu di grup yang anda ikuti, di kronologi dan lain-lain. Nah, setelah anda cukup di kenal para member di grup, barulah lakukan promosi produk. Jika anda sudah memiliki personal branding yang bagus di mata netijen, mau berjualan atau memasarkan produk pun biasanya tidak sesulit seperti yang anda pikir, karena anda sudah mendapatkan kepercayaan trafik di Facebook.

Tidak hanya itu, berikan promo kepada calon pelanggan agar semakin mencuri perhatian.




3. Adakan Promo

Promosi itu penting untuk meningkatkan statistik order, bukan hanya itu, promosi produk juga merupakan salah satu dari sekian banyak cara memasarkan produk di internet yang sering digunakan. Hampir setiap perusahaan atau para pebisnis akan mengadakan promosi dengan tujuan meningkatkan order produk yang mereka jual.


Sebagai contoh, ada banyak toko online di Indonesia yang sering mengadakan program promo besar-besaran seperti flash sale, gratis ongkir, atau bahkan serba serbi 10.000.
Nah, yang perlu anda pahami. Bagaimana cara mengadakan promo tanpa membebani keuntungan?



Untuk mempelajari hal ini, anda harus melihat kompetitor lebih jauh lagi atau dalam istilah dunia IT, anda harus mempelajari lebih dalam mengenai riset kompetitor. Untuk cara meriset pasar serta kompetitor sendiri membutuhkan artikel khusus karena pembahasannya cukup panjang.


Agar tidak ketinggalan, anda dapat berlangganan situs ini secara gratis hanya dengan mengisi formulir data e-mail aktif yang tertera di bagian bawah situs. Nah, sekarang anda dapat membuat konsep sendiri mengenai strategi pemasaran produk di sosmed.





Konsep Sederhana Terkait Tips Di Atas



• Bangun kepercayaan calon konsumen dengan cara membuat postingan berupa tips bermanfaat yang berkaitan dengan produk secara konsisten.


• Kenali lebih rinci produk yang akan anda pasarkan di sosial media.


• Terapkan strategi pemasaran dari langkah di atas.


• Jangan lupa tetap fokus dan konsisten pada tujuan utama yaitu berhasil.



Penutup

Masih banyak tips lain yang belum admin bahas seputar strategi pemasaran, seperti Cara Meningkatkan Penjualan serta beriklan di FB Ads dan Google Ads. Tutorialnya mungkin akan saya share pada postingan berikutnya. Semoga bermanfaat.












Related Posts

Comments