10 Strategi Mengembangkan Bisnis versi Start Usaha



startusaha.com- Masih membahas seputar strategi-strategi bisnis, pada postingan kemarin secara khusus admin membahas beberapa cara meningkatkan omset penjualan produk secara online. Dimana tutorial tersebut adalah fondasi atau dasar-dasar utama untuk sukses di bidang bisnis.


Nah, pada kesempatan kali ini, admin akan menjabarkan bagaimana cara mengembangkan bisnis online. Untuk memahami lebih lanjut terkait cara Meningkatkan Profit Keuntungan bisnis, anda tidak boleh diam di tempat. Anda harus agresif, tujuannya adalah cepat sukses tanpa lama-lama berjuang.


Untuk sukses secara finansial, anda harus cerdas mengatur keuangan atau pun keuntungan bisnis hingga berkembang lebih besar lagi dari sekarang. Selalu ingat, sukses itu tidak akan datang tanpa usaha dan perjuangan.


Termasuk mengatur, mengembangkan, dan meningkatkan keuangan bisnis. Hal ini diperlukan perjuangan beserta ilmunya. Dan ketika anda sudah mendapatkan materi mengatur keuangan sekaligus sudah paham cara meningkatkan profit keuntungan bisnis, ada beberapa PR lagi yang harus anda kerjakan. Yaitu menerapkan atau meng-aplikasikannya.


Catatan

Ada banyak contoh para pebisnis yang sudah memahami ilmu beserta materinya, namun tidak sedikit diantara mereka yang tidak bisa menerapkannya. 

Strategi Mengembangkan Bisnis


Startusaha
startusaha.com


1. Kuatkan Mindset Sukses

Sukses atau tidaknya sebuah pencapaian dari berbagai sisi, dalam hal ini ternyata sangat di pengaruhi oleh mindset kita sendiri. Untuk itu, sangat-sangat penting bagi anda untuk menerapkan mindset sukses ketika menjalankan bisnis.


Tidak berpikir negatif itu penting!
Sebagai contoh:


Ketika dulu anda mau memulai bisnis online, pernahkah berfikir bahwa anda tidak akan bisa?

Tentu saja tidak!


Bahkan dengan semangat berapi-api, anda merasa cara kerja bisnis online itu mudah sehingga anda bisa sampai pada titik yang sekarang anda jalani.
 Ini adalah bukti nyata bahwa mindset atau pemikiran itu berpengaruh besar pada kesuksesan.


Coba kalau lah dulu anda berpikiran seperti ini…

Bisnis online itu susah, belum lagi saya gaptek masalah teknologi. 


Nah, perlu di jadikan pelajaran, jika saja dulu anda kurang percaya diri atau  penuh prasangka negatif di awal-awal memulai bisnis, mungkin akan beda lagi ceritanya. Mungkin saja saat ini anda berada di titik terendah serta tak tentu arah.


Mulai dari sekarang, kuatkan tekad serta pemikiran yang bagus. Jangan memiliki pikiran buruk ketika akan berbuat atau berusaha meningkatkan profit keuangan bisnis. Selanjutnya adalah membuat target.




2. Membuat Target Pencapaian

Membuat target faktanya akan menambah semangat yang tinggi ketika mengerjakan sesuatu. Tidak terkecuali mengenai meningkatkan bisnis hingga lebih besar.


Buatlah target utama yang anda inginkan, misalnya tahun 2020 nanti saya harus memiliki website atau toko online sendiri. Atau, tahun 2025 nanti toko online saya harus bisa menyaingi Amazon. Bermimpi itu perlu, namun harus disertai dengan misi atau tujuan yang jelas.


Berusaha keras tanpa tujuan sama saja bohong, lebih parah lagi, hasilnya juga tidak akan maksimal. Maka membuat target utama bisa menjadi acuan anda untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis. Untuk mengembangkan bisnis, hal tersebut sama sekali belum cukup dengan hanya membuat target semata.




3. Me-manage Keuangan

Para entrepreneur sukses itu tidak menghambur-hamburkan uang meskipun itu adalah keuntungan atau hasil dari usaha yang dijalankan. Melainkan mereka biasanya terus mengumpulkan keuntungan dengan cara terus melebarkan bisnisnya.


Nah, disini kesalahan para entrepreneur gagal adalah terlalu bernafsu untuk memuaskan hasrat  berupa membeli barang-barang yang tidak begitu penting. Terkait dengan cara mengelola keuangan, silahkan baca panduan Cara Mengatur Keuangan


Seperti mobil baru, gadget baru, atau beberapa barang-barang lain yang kurang begitu di butuhkan. Jika anda ingin melebarkan bisnis, kumpulkan keuntungan bisnis, terus tambahkan keuntungan anda kepada modal atau anggaran bisnis anda hingga lebih besar dari yang sekarang. Ingat, itulah kunci sukses dalam bisnis.




4. Memperluas Jaringan Koneksi

Cara mengembangkan bisnis di bagian ke-4 adalah berusaha memperluas koneksi anda kepada para audiens ataupun traffic di internet.


Untuk sukses di bidang bisnis baik secara online maupun offline. Semuanya tidak terlepas dari koneksi yang kuat antara anda sendiri dengan para pelanggan. Dunia internet menyebutnya trafik. Jadi, anda harus memiliki interaksi yang bagus dengan trafik.


Kunci keberhasilan mempunyai koneksi dengan trafik di internet adalah berusaha aktif di beberapa platform internet secara konsisten. Maksud dari konsistensi sendiri adalah terjadwal untuk update.


Anda dapat memanfaatkan sosial media seperti LinkedIn, Facebook, Instagram, Twitter, Quora, dan lain-lain. Tips lainnya yang perlu anda lakukan adalah.


Manajemen sosial media bisnis anda secara konsisten.

Tawarkan kepada traffic bahwa toko online anda berbeda sehingga menjadi alasan untuk di prioritaskan.

Jangan lupa untuk mengoptimalkan konten gambar agar lebih menarik.



5. Memperkerjakan Karyawan Yang Tepat

Ini merupakan tantangan terbesar para entrepreneur, yaitu memperkerjakan karyawan, mengatur, dan memilih yang tepat itu bukanlah perkara gampangan.


Sebagai big Bos, anda di tuntut untuk lebih cerdas dalam hal ini. Karena jika menurut pengalaman sebagai karyawan atau sebagai atasan dari karyawan, ada tipikal orang yang kerjanya hanya memikirkan pribadi, ada yang berusaha mencuri waktu, ada pula tipikal orang yang hanya mencari perhatian bos semata.


Seakan belum cukup, paling menyebalkan dalam mengelola karyawan adalah adanya perbedaan, atau berselisih paham antara satu orang dan lainnya sehingga mengganggu produktivitas bisnis itu sendiri.




6. Mempersiapkan  / Modal Yang Cukup

Selalu ingat dalam berbisnis, penghasilan atau keuntungan yang di dapatkan itu sangat tergantung dari besar atau kah kecil anggaran atau modal.


Jadi, jangan pernah menyepelekan modal. Jangan percaya iming-iming modal sedikit, keuntungan berlipat-lipat. Selain akan mempengaruhi pola pikir anda, faktanya hal tersebut sangat jarang di terapkan para pebisnis besar.


Entrepreneur sukses itu paham bahwa pelit mengeluarkan modal itu akan menghambat pertumbuhan bisnis, namun pastinya mereka menyadari bahwa sebesar apapun pengeluaran, mereka biasanya sudah memiliki gambaran keuntungan yang akan di dapat.




7. Pahami Data-data Analitik

Di era bisnis digital, semua hal terkait dengan mengembangkan bisnis sangat tidak jauh dari data-data yang perlu di pahami.


Anda perlu memahami data-data analisa terkait dengan bisnis yang dijalankan. Contohnya seperti demografi, rentang usia, minat, konversi, dan lain-lain.


Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan pengukuran, identifikasi, dan anda sendiri nantinya akan bisa menyimpulkan. Selain dari itu, merujuk situs maxmanroe.com ketika anda memahami data analitik, anda akan lebih mudah dalam menentukan, mengambil tindakan, membuat proyeksi, serta membantu mengambil keputusan secara tepat terkait dengan strategi usaha.



8. Promosi

Jangan lupakan promosi, seperti yang pernah admin singgung di posting kemarin, promosi itu penting. Selain meningkatkan citra bisnis anda di mata pelanggan, mengadakan program promosi juga akan meningkatkan profit keuntungan.


Untuk selengkapnya tentang cara promosi, cara beriklan dan tips-tips lainnya, anda bisa mengikuti halaman Cara Promosi Produk yang admin bagikan secara terpisah dalam dua bab.



9. Konsisten Dalam Bisnis

8 tips di atas tentu saja akan nihil hasilnya strateginya jika tidak anda kerjakan secara konsisten. Selain memahami, anda juga perlu usaha berkelanjutan tanpa terhenti di tengah jalan. Dalam hal ini di sebut konsistensi.


Entah itu strategi terbaik bisnis, eksperimen, atau hal terkait cara mengembangkan bisnis, jika tidak dilakukan secara konsisten, jangan harap usaha tersebut akan berhasil.



10. Start / Mulai

Time, is money. Ya, waktu adalah uang. Setelah mengetahui strategi mengembangkan bisnis dengan tepat, jangan buang-buang waktu untuk hal kurang bermanfaat. Langsung saja mulai dari sekarang, karena ada istilah lebih cepat lebih baik. Semoga bermanfaat, jangan lupa share untuk membangun blog ini serta membantu pengguna internet lainnya.




Related Posts

Comments