8 Kesalahan Fatal Saat Memulai Bisnis



startusaha.com- Pada beberapa kasus, ada banyak para pebisnis yang melakukan kesalahan saat Memulai Bisnis yang imbasnya, bukan kesuksesan yang mereka raih, melainkan berujung pada kebangkrutan yang tentu saja hal tersebut sangat-sangat tidak di harapkan.


Pada dasarnya, memang jatuh bangun dalam berusaha atau gagal dalam berbisnis adalah hal yang wajar. Namun tahukah anda?


Kegagalan atau kesalahan saat memulai bisnis ternyata di picu oleh kesalahan diri sendiri. Untuk itu, sebagai calon pebisnis sukses, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa kesalahan-kesalah sendiri yang harus di hindari.



Catatan:
Tetapi, ada suatu pepatah yang mengatakan “selalu ada harapan di tengah kesulitan” Poin pentingnya, yang namanya kesalahan itu bisa kita perbaiki. Asal kita mau berusaha serta bersungguh-sungguh dalam berusaha.


Ok. Sekarang admin akan bahas secara mendetail tentang kesalahan saat memulai bisnis. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan jika anda dapat bertindak dan segera melakukan perubahan.



8. Kesalahan Yang Perlu Dihindari





startusaha




1. Memulai Bisnis Tanpa Basic


Memulai bisnis tanpa dasar pengetahuan yang cukup, itu artinya anda telah melakukan kesalahan fatal. Karena apa?
Pengetahuan dasar itu penting terkait dengan bisnis yang akan di rintis. Kegagalan yang di alami banyak pebisnis adalah tidak tahu banyak mengenai bisnis yang akan di kembangkan.



Mereka hanya ikut-ikutan yang sedang trend, padahal mereka sama sekali tidak tahu banyak mengenai bisnis tersebut. Sebagai contoh, misalnya saat ini sedang trend bisnis hijab online. Kemudian anda tertarik ingin mengembangkan bisnis hijab online dan ingin membuka toko pakaian, nah disini anda perlu mengetahui tentang seluk-beluk di dunia bisnis tersebut.
Jangan memulai sesuatu, jika anda sendiri tidak mengetahui dari dasar-dasarnya.


Sebagai dasar atau fondasi, anda harus mengetahui pergerakan pasar dunia hijab, tempat supplier barang, serta target pemasaran yang tepat. Jika anda tidak mengetahui dari dasar, dapat dipastikan resikonya adalah kegagalan yang mencapai hingga 75℅.




2. Kurang Percaya Diri


Kesalahan ke-dua adalah kurangnya kepercayaan dalam diri sendiri. Disini bisa juga di artikan sebagai ragu-ragu. Banyak kasus contoh pebisnis yang tidak berjalan dikarenakan pesimis, dalam artian tidak ada keberanian, selalu takut untuk mencoba, dan pola fikir yang sangat-sangat pesimis.


Sebagai tips tambahan, cobalah untuk menanamkan pikiran-pikiran positif sebelum memulai bisnis. Anda harus optimis, anda tidak perlu ragu-ragu atau bahkan takut, namun satu hal yang perlu di garis bawahi. Mulailah usaha yang anda pahami di bidangnya.


Jika anda sudah paham betul bahwa misalnya, Bisnis Online adalah bagian dari usaha anda, serta anda sendiri sudah merasa nyaman ada kecocokan, yakinkan bahwa bisnis yang anda kembangkan akan cepat sukses.




3. Stuck / Diam Ditempat

Maju tidak, mundur juga nggak alias stuck di tempat. Hal ini juga merupakan kesalahan saat menjalankan bisnis. Anda tidak boleh hanya diam ditempat jika bisnis yang sedang anda rintis tidak ingin tergusur oleh persaingan yang semakin ketat.


Berfikirlah untuk maju, rencanakan matang-matang terkait dengan pengoptimalan bisnis. Anda perlu memikirkan untuk maju, memikirkan perkembangan, mengetahui strategi bisnis, serta paling penting adalah melaksanakan perencanaan tersebut.


Ada banyak para pebisnis / entrepreneur yang sudah paham materi, tapi tidak bisa melaksanakannya. Itu sama halnya dengan omong kosong.




4. Kurang Bereksperimen



Bereksperimen itu penting untuk mengoptimalkan atau meningkatkan order di dalam bisnis. Kesalahan fatal saat berbisnis adalah kurangnya bereksperimen terkait dengan usaha tersebut.


Para entrepreneur sukses itu tidak luput dari eksperimen. Mereka biasanya menggunakan strategi A, B, C, dan strategi lain untuk menemukan mana Strategi Bisnis Tepat.


Karena, tidak semua usaha/bisnis akan cocok menggunakan strategi yang sama. Untuk mempelajari hal ini, yang pasti setidaknya butuh waktu untuk menemukan strategi mana yang cocok. Paling penting, anda harus memiliki beberapa strategi untuk mencoba serta mengaplikasikannya.



5. Bukan Bagian Di Bidang Bisnis Tersebut


Begini salah, begitu juga salah. Jika memang anda sudah berusaha maksimal, sudah menerapkan beberapa strategi serta sudah merasa lelah namun tetap saja tidak menemukan titik terang terkait usaha tersebut.


Pahamilah kemungkinan besar, bisnis yang anda rintis bukan bagian dari kecocokan untuk anda sendiri. Anda harus sadar bahwa ini adalah kesalahan.
Ada banyak para pengusaha yang memang bukan dari bagiannya namun tetap berusaha keras, hasilnya sangat tidak sesuai.




6. Minim Sumber Modal

Jangan meremehkan sumber daya atau modal, karena fakta jelas di lapangan adalah, semakin besar anggaran atau modal yang anda keluarkan, maka semakin besar pula keuntungan yang akan di dapatkan.


Jangan percaya sama omongan orang-orang yang mengatakan “Modal kecil keuntungan berlipat-lipat “



Dalam berbisnis, hal ini sama sekali jelas tidak ada keuntungan berlipat dengan modal yang sedikit. Perlu anda ketahuilah, ekonomi dilapangan berbeda dengan materi ekonomi di sekolah.




7. Visi Misi Tidak Jelas


Kesalahan dalam berbisnis di bagian ke-7 adalah tidak memiliki visi misi atau tujuan yang jelas. Anda harus merencanakan dengan jelas seperti apa konsep bisnis tersebut, bagaimana nanti kedepan, untuk jangka panjang, atau kah hanya sementara.


Bahkan ada suatu pepatah mengatakan, “salah dalam merencanakan sesuatu, berarti anda telah merencanakan kegagalan” tidak terkecuali dalam perencanaan bisnis.



Tipsnya, rencakan matang-matang apa ide-ide yang akan anda tuangkan kedalam bisnis.




8. Salah Me-manage

Bagaimanapun, anda adalah seorang bos atau pemilik bisnis. Disini anda tidak boleh gagal dalam mengelola atau me-manage usaha yang dijalankan.


Seperti…


• Memperkerjakan karyawan yang salah atau pun orang yang tidak tepat.

• Tidak bisa mengelola keuangan bisnis. Terkait dengan mengelola keuangan, silahkan baca Cara Mengatur Keuangan.

• Tidak mengetahui pasang surut ekonomi.



Itulah beberapa poin penting yang harus di ketahui terkait dengan kesalahan dalam memulai bisnis. Semoga bermanfaat jangan lupa share buat pengguna internet lainnya.




Related Posts

Comments