Belajar Teknik Copywriting Untuk Meningkatkan Penjualan



startusaha.com- Skill yang harus dikuasai para internet marketer adalah memahami dasar teknik Copywriting. Metode ini juga telah di terapkan banyak perusahaan startup untuk membuat proyeksi iklan, promosi produk, ajakan mendaftar, atau tujuan-tujuan tertentu lainnya di internet.


Mengajak audiens / traffic untuk bertindak di internet, sebut saja mengajak untuk membeli produk yang anda tawarkan itu kelihatannya cukup mudah.



Seperti itu kah?

Jelas memang mudah….


Hanya membuat Teks, apa sulitnya sih!


Contoh:

Membuat konten iklan, tampilkan deskripsi produk, sertai penawaran menarik, kemudian jual atau posting ke beberapa sosial media atau pun website beres. Itu saja cukup.


Tetapi apa yang terjadi?


• Minim konversi

• Tidak ada penjualan

• Banyak php alias tidak sampai closing

• Tidak ada keuntungan




Ujungnya anda menerapkan strategi yang salah kaprah, share membabi buta ke group atau forum dengan harapan lebih banyak terlihat, lebih banyak kesempatan anda meningkatkan ratio konversi, kemudian anda mengeluh, tak lagi semangat, serta paling parah memutuskan untuk berhenti jualan di internet.


Apa hal tersebut pernah anda alami?


Jika iya, ubah gaya marketing anda dengan menerapkan copywriting untuk mendapatkan rasio konversi tinggi.

Karena apa..? strategi marketing seperti itu kurang efektif, alasannya cukup sederhana.



Bayangkan saja anda di posisi pengguna Internet.

Pengguna internet itu tidak memiliki banyak waktu untuk scrolling nggak jelas. Biasanya, mereka cenderung cepat-cepat menutup halaman browsing ketika sudah mendapatkan apa yang mereka cari. Khususnya, bagi anda yang hanya menggunakan sosial media sebagai media untuk berjualan. Makanya cara seperti contoh diatas kurang begitu baik.



Sedikit bocoran….

Teks yang anda buat harus menangkap perhatian pengunjung / audiens dalam waktu 10 detik saja atau kurang.


Kalau anda tidak mampu membuat konten promo menarik perhatian dalam waktu 10 detik saja, nantinya pengunjung akan melewatkan tawaran yang anda buat begitu saja. Itulah alasan betapa pentingnya teknik copywriting.


Siapapun anda, baik itu seorang reseller, content marketing, blogger, atau Youtuber sekalipun, sekecil-kecilnya anda perlu memahami dasar-dasar teknik copywriting. Tujuan utamanya tentu saja adalah untuk meningkatkan daya tarik konten yang anda buat untuk di jadikan konversi keuntungan yang berarti $$ pun mengalir. Bukan begitu?




Lalu, apa manfaat setelah mengetahui teknik copywriting?

Setelah membaca panduan dan sudah hafal betul teknik penulisan copywriter, ada banyak manfaat yang tentu saja bisa anda dapatkan.




Salah satunya adalah….

• Menggunakan teknik copywriting untuk bisnis sendiri sehingga anda mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan, serta loyalitas customer.

• Selain dari itu, anda juga bisa menjadi Copywriter profesional. Artinya, anda bisa memanfaatkan keahlian untuk bekerja di perusahaan, periklanan, atau freelancer.



Uniknya, tidak ada jenjang pendidikan khusus untuk menjadi ahli copywriter handal. Kesempatan untuk anda sangat-sangat terbuka dan mengenai bayarannya, seorang copywriter lebih besar dari penulis biasanya.




Kembali ke topik.

Seperti telah di sebutkan di awal paragraf, bagi seseorang reseller adalah untuk meningkatkan konversi penjualan, atau bagi seorang youtuber adalah ajakan menonton video serta ajakan bertindak langsung misalnya mendaftar anggota dan masih banyak lagi.


Nah, bagi anda yang mungkin sedang mencari panduan belajar teknik copywriter guna membuat materi berupa iklan, atau ajakan tertentu lewat tulisan, anda dapat belajar teknik copywriter disini secara bertahap.



Sebelum ke materi utama yang akan admin ulas di bawah, alangkah lebih ideal jika anda menyiapkan secangkir kopi hangat plus cemilannya biar lebih afdol serta menambah rasa semangat untuk belajar.



Langkah-langkah awal, yang perlu anda pahami adalah Copywriting itu sendiri. Lanjut…..



Apa itu arti Copywriting?



Singkatnya, copywriting adalah teknik membuat suatu tulisan ajakan bertindak yang berbeda-beda sesuai target si pembuat yang berarti “copywriter” atau anda sendiri. Pahami baik-baik. Berarti, copywriting adalah salesman berupa huruf.




Copy – dalam arti Teks

Biasanya sering digunakan dalam pemasaran digital iklan banner, halaman landing page website, dan lain-lain. Mungkin anda pernah menemui teknik copywriting di web e-commerce besar.


Copywriting – Proses pembuatan menulis.



Sekarang kita berasumsi dulu…

Misalnya anda mau membuka Toko online berbasis web serta akan menerapkan strategi pemasaran digital. Maka anda membutuhkan beberapa komponen atau pendukung utama untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salah satunya adalah.


1. Landing Page

2. Konten Web

3. E-mail Marketing

4. Facebook Ads

5. Google AdWords



Kelima daftar tersebut tentu harus juga didukung dengan teknik copywriting untuk menorehkan hasil yang maksimal. Sebut saja anda butuh seorang copywriter.


Tahap 1: Belajar Menjadi Copywriter Profesional

Jadi begini, menjual suatu produk atau apapun itu lewat internet, admin rasa hal tersebut bukanlah perkara mudah. Wabil khusus, bagi anda yang hanya menggunakan media Teks, Media Gambar Animasi, Bahkan Video, admin tekankan itu gampang-gampang sulit. 


Meskipun begitu, jangan berfikir sulit yang nantinya timbul sebab anda menjadi pesimistis. Kita belajar dari yang mudah terlebih dahulu, yaitu dengan mengetahui mindset / pola pikir seorang copywriter.




Mindset Copywriter

Bagian terpenting yang harus anda ketahui adalah seorang copywriter bukan hanya mampu menulis ajakan atau tawaran bertindak.


Tapi…. Lebih ke arah bisa membaca apa yang ada di pikiran calon pelanggan ( si target )


Karena dengan memahami apa yang ada di otak calon buyer, nantinya anda akan lebih mudah dalam menulis sales page, juga tidak akan memasarkan kepada orang yang salah.


Itu berarti, mau tidak mau anda harus bisa masuk ke dalam otak calon si pembeli. Kemudian, coba salurkan ide kreatif anda agar di terima oleh mereka. 

startusaha.com


Tujuannya agar mereka mau bertindak katakanlah membeli produk yang anda tawarkan kepada mereka.


Admin akan memandu ke tahapan 2 di mana tutorial nya akan admin share minggu depan. Konten lanjutan berikutnya yang masih dalam tahap perencanaan adalah. 


• Alasan Harus Bisa Membaca Pola Pikir Target

• Melakukan Penjualan Secara Tepat Sasaran

• Menggunakan Bahasa Mereka Sendiri

• Dan Masih Banyak Lagi


Silahkan akses Halaman Ini

Related Posts

Comments