Skip to main content

10 Cara Berfikir Orang Sukses Untuk Meraih Kesuksesan Finansial



startusaha.com- Pembaca setia startusaha dot com, kesempatan kali ini admin akan berbagi kunci sukses atau lebih tepat sharing artikel tentang cara berpikir orang-orang sukses.


Nah, terkait dengan keberhasilan.
Keberhasilan atau kesuksesan itu perlu di perjuangkan, tidak semata-mata datang secara kebetulan.

Startusaha
startusaha

Apalagi jika ingin sukses secara finansial, tentu anda harus mulai terbiasa dengan tekanan, kegagalan, serta mau sedikit berproses yang pastinya sangat melelahkan.



Itu artinya memang tidak mudah, butuh ketekunan dalam artian harus ekstra kerja keras dan juga butuh kesabaran.



Kerja keras bagaimana min? 

Mulai dari hal kecil seperti disiplin, pintar membagi waktu 24 jam, cerdas mengatur keuangan, hingga harus berjibaku dengan pekerjaan-pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran.



Itulah gambaran proses perjalanan menuju keberhasilan atau kesuksesan.

Ketika seseorang mampu menjalankan apa yang admin tulis di atas, Apakah gambaran diatas cukup untuk menggapai mimpi?


Sayangnya tidak!

Kenapa?



Begini!
Banyak contoh orang kehilangan kesempatan untuk berfikir lebih kritis terhadap apa yang mereka lakukan. Imbasnya, mereka kesulitan untuk berkembang. Lebih parah lagi, mereka terjebak di zona nyaman dengan pekerjaannya.



Pada intinya, kerja keras saja tidak cukup untuk membuat anda berhasil.


Makanya, pahami dulu baik-baik apa itu arti kerja keras yang sebenarnya. Jadi, kerja keras itu melibatkan praktek nyata di sertai pola pikir yang cerdas atau kerja cerdas.



Kerja keras tanpa pintar berfikir sama saja hanya buang-buang tenaga. Makanya, kerja keras saja tidak menjamin 100℅ akan berhasil. Melainkan harus Ekstra Kerja Keras Dan Cerdas.



Untuk itu, anda harus mengikuti jejak orang sukses, mulai dari cara berpikir nya orang sukses, cara kerja orang sukses, rajin membaca inspirasi dari para pengusaha, kemudian menerapkannya kedalam pola atau cara anda dalam berjuang untuk meraih kesuksesan finansial.



Nah, tekait dengan mindset orang sukses, berikut rangkuman cara berpikir pebisnis untuk meraih kebebasan finansial. Sangat di harapkan jika anda dapat mengambil contoh, serta dapat mengaplikasikannya kedalam mindset anda sendiri.



10 Mindset Sukses


Sebelumnya, admin juga pernah berbagi tips cara berpikir orang sukses lewat video. Silakan tonton.




1. Meningkatkan Nilai / Potensi Diri

Faktanya, orang sukses itu tidaklah mengejar Uang. Namun, ia akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas diri.


Karena apa? Karena itu kunci sukses, mereka tahu betul bahwa uang akan datang dengan sendirinya kepada mereka yang memiliki skill individu di atas rata-rata.


Jadi, yang perlu anda lakukan adalah berusahalah untuk selalu meningkatkan nilai kualitas diri, karena dengan demikian secara otomatis dan tanpa di sadari diri anda akan memiliki nilai / value di hadapan orang lain.


Caranya.

Pertama, Anda dapat Membangun Personal Branding terlebih dulu, kemudian meningkatkan mindset kaya ide-ide cemerlang, menaikan skill individu negosiasi dengan orang lain, serta memiliki komunikasi yang bagus dengan banyak orang.


Sebagai panutan, silahkan akses www.merryriana.com admin sangat mengapresiasi kesuksesan Mbak Merry Riana. Ia dapat dikatakan sukses sebagai Ibu rumah tangga, pebisnis, investor, serta sukses sebagai motivator anak bangsa.


Kesehariannya selalu bersemangat, enerjik, genius, pandai melirik potensi diri, serta tak pernah mengeluh. Jadi kesimpulannya, Mbak Merry ini sangat lah berkualitas. Makanya mimin tekankan, anda harus mengikuti jejaknya jika ingin sukses, yaitu dengan meningkatkan kreativitas diri.



2. Manajemen Keuangan

Motivasi dari orang-orang sukses ke-dua adalah anda harus bisa me-manage keuangan.


“bukan berapa banyak uang yang anda hasilkan, namun berapa banyak anda bisa menyimpan total penghasilan”


Berapapun penghasilan, jika anda tidak dapat mengatur keuangan dengan baik, maka dapat di pastikan anda akan kewalahan.


Mengetahui lebih rinci mengenai cara mengelola keuangan itu penting, orang sukses juga demikian. Nah, terkait dengan mengatur keuangan, untungnya admin pernah update mengenai Manajemen Financial secara terpisah.


Perlu diketahui, yang namanya mengatur uang itu sama halnya dengan mengatur diri sendiri agar tidak banyak menye-menye.


Setelah itu, belajarlah mengenali investasi. Karena investasi merupakan bagian dari strategi mengatur finansial untuk lebih baik. Kemudian mulailah untuk membuat daftar anggaran keuangan. Selengkapnya di nomor 4.



3. Berinvestasi Karena Sadar Inflasi

Cara berpikir pengusaha di bagian ke-3 adalah sadar akan inflasi. Di negara kita Indonesia, Inflasi mencapai di antara 5 hingga 15℅ per tahun.


Apa itu Inflasi?

Terlalu panjang jika mimin membahas soal inflasi. Singkatnya, karena inflasi tersebut nilai tukar uang terus merosot tiap tahunnya.


Jadi, jika saat ini anda masih bisa membeli satu biji krupuk seharga 1000 rupiah, maka tahun depan kemungkinan Rp 1000 perak tersebut tidak dapat lagi di tukarkan dengan 1 biji krupuk karena kenaikan harga. Itulah Inflasi.


Hal ini tidak dapat anda hindari karena sifatnya hampir tetap. Nah, untuk menekan nilai uang yang terbuang secara Cuma-Cuma di grogoti inflasi tiap tahunnya, tiada cara lain selain belajar memahami investasi. Silahkan buka Halaman Bagian Investasi untuk mengetahui lebih jauh.



4. Membuat Daftar Anggaran

Untuk meraih sukses financial, maka anda memerlukan manajemen keuangan secara teratur.


Catatan anggaran biaya itu penting agar keuangan anda selalu stabil, maka membuat daftar anggaran biasanya sering di lakukan orang sukses. Seperti contoh..


√ Biaya kebutuhan pokok seperti uang belanja dapur, tagihan air, listrik dan lain-lain

√ Biaya pendidikan anak-anak

√ Biaya jajan harian anak-anak

√ Biaya tabungan hari tua


…. Dan lain-lain kebutuhan yang memerlukan biaya itu perlu ada rincian serta porsinya masing-masing.

Tujuannya tentu saja agar keuangan anda teratur serta tidak mengganggu totalan penghasilan.



5. Berusaha Konsisten

Konsisten itu penting, konsistensi merupakan faktor utama penunjang kesuksesan. Jadi, anda tidak boleh stagnan dalam mengerjakan sesuatu.


Misalnya dalam tahap pengembangan diri, mengambil keputusan, meningkatkan kualitas, dan lain-lain terkait pekerjaan, anda harus bisa konsisten agar jalannya lurus stabil.



6. Tidak Membuang-buang Waktu

Kebanyakan orang sukses itu selalu berpikir Time Is Money. 
Waktu adalah uang.


Dan hal ini semakin di perkuat oleh para pengusaha asal Tionghoa china. Dimana mereka  benar-benar memanfaatkan kesempatan dan selalu mengatakan waktu adalah uang.

 Kita lihat perkembangannya, orang-orang asing seperti contoh orang Chinese kebanyakan berhasil sukses.



Begitu ada kesempatan, langsung tancap gas, urusan berhasil atau tidak, biarkan menjadi urusan belakangan. Itulah prinsip mereka.
Anda patut meniru pada prinsipnya orang sukses.


Sebelumnya, admin pernah berbagi 10 Peluang Bisnis sampingan. Nah, terkait dengan memanfaatkan waktu, silahkan di pelajari.



7. Mencintai Apa Yang Dikerjakan

Unik, para pebisnis yang sukses dengan bisnisnya adalah mereka yang mencintai pekerjaannya.


Dalam makna ini, anda harus hati-hati agar kesempatan yang anda miliki tidak terbuang begitu saja.


Banyak contoh kasus orang yang tidak mencintai pekerjaannya, namun ia tetap berjibaku dengan pekerjaan tersebut di karenakan desakan kebutuhan, belum menemukan solusi, parahnya menjadi keterikatan.


Sampai disini, jika di posisi seperti itu sebaiknya beranikan diri untuk mengubah nasib, kejar apa yang anda cintai di dalam pekerjaan.


Namun, syaratnya harus yakin bahwa anda bisa sukses. Buang keraguan, karena jika ragu-ragu dapat dipastikan hasilnya tidak akan maksimal.



8. Tidak Menekuni Yang Bukan Bidangnya

Terkait dengan poin nomor 7 tadi, contoh tauladan orang sukses itu tidak menekuni apa yang bukan dari bagiannya.


Mereka berfikir tidak merasa puas jika mengerjakan sesuatu apa yang bukan mereka cintai meskipun dapat dikatakan sukses secara materi.



9. Cerdas Menganalisis Ke Depan


Siapapun tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi hari esok. Tidak terkecuali anda sendiri. Tetapi, anda dapat menggunakan data untuk menganalisis seperti apa nantinya hari kedepan terkait dengan apa yang anda rintis / lakukan hari ini.


Termasuk orang sukses juga berpikir demikian, mereka cerdas memprediksi hingga tahu betul apa yang harus di jalankan hari-hari kedepan.


Dalam urusan bisnis contohnya, saat ini ada banyak startup yang mulai terjun ke dunia digital marketing. Mau tidak mau di zaman sekarang ini para pebisnis harus berinovasi mengikuti trend internet yang semakin berkembang. Tujuannya tentu saja agar selalu eksis serta untuk menyaingi kompetitor.





10. Startusaha

Silahkan ambil bagian positif dari artikel ini dan sebaliknya, buang bagian negatif jika memang ada.


Start dari sekarang, mulailah untuk berjuang untuk menggapai kesuksesan finance. Ingat, jangan buang-buang kesempatan, jangan sampai anda paham betul bagaimana cara sukses, namun tidak dengan praktek nya.


Karena menurut pendapat mimin, yang paling sulit adalah praktek.


Catatan

Demikian cara berpikir orang sukses. Semoga bermanfaat, jangan lupa share buat pengguna internet lainnya.



Comments