Skip to main content

7 Tips Cara Memulai Usaha Kuliner 2020 Dengan Teknologi Internet Online



startusaha.com – Jika saat ini anda berencana ingin memulai usaha kuliner, rumah makan, beraneka jajanan, minuman, atau restoran, menurut admin itu adalah Ide brilian.

Startusaha
startusaha.com


Yaps…. Makanan atau jajanan merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu di butuhkan serta akan selalu di beli banyak orang.


Tetapi, memiliki ide cemerlang seperti melirik peluang usaha kuliner saja tidak cukup jika anda tidak langsung bergerak.


Bergerak dalam hal apa min?


Tentu saja dalam hal memperdalam usaha makanan tersebut!

Karena apa? Karena bisnis kuliner yang keliatannya mudah itu nyatanya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tetap saja perlu di pelajari lebih dalam lagi.


Contohnya…..!

Anda memerlukan strategi bisnis makanan terkait pemasarannya.

Anda perlu belajar dan berinovasi terkait menu unggulan yang jadi perhatian konsumen.

Persaingan semakin ketat, untuk itu mau tidak mau anda harus bisa memanfaatkan teknologi internet untuk menjangkau calon pelanggan.

….dan semua itu, pastinya jelas memerlukan waktu atau proses yang cukup panjang.



Ingat!
 Bukan hanya anda yang memikirkan bagaimana cara memulai usaha kuliner, tetapi ada banyak orang lain yang memikirkan hal serupa.


Belum lagi lihat disana, ada banyak kompetitor yang sudah lebih dulu eksis di lapangan, dengan hal ini tentu saja sedikit banyaknya akan menghasilkan daya saing yang kompetitif di lapangan.


Tapi jangan khawatir, admin akan memandu anda bagaimana cara memulai bisnis makanan dan minuman dari nol hingga benar-benar sukses. Selengkapnya mengenai pengertian bisnis kuliner.

Startusaha
Tips dari orang sukses



Tahap Perencanaan Memulai Usaha Kuliner


Sebelum memulai usaha kuliner, tahapan paling awal adalah merencanakan bisnis tersebut dengan matang, mulai dari persiapan modal, lokasi strategis, dan lain-lain terkait perencanaan bisnis makanan yang merupakan modal usaha untuk pemula.


Sangat penting mempersiapkan ini jauh-jauh hari agar bisnis kuliner anda terarah. Mulailah rencanakan kesuksesan usaha kuliner dengan kerja cerdas. Karena jika anda salah dalam tahap perencanaan, itu berarti anda telah merencanakan kegagalan.


Apakah nantinya bisnis kuliner anda akan go online? Atau hanya memanfaatkan tempat strategis seperti dekat dengan perkantoran, dekat dengan tempat wisata?


Hal tersebut harus benar-benar mulai di perhitungkan. Nah, terkait dengan cara memulai usaha makanan online, selengkapnya di poin nomor 6. Yaitu mengenai bagaimana cara memanfaatkan teknologi internet untuk usaha kuliner. Mari simak baik-baik.


Strategi Memulai Usaha Kuliner


1. Persiapkan Anggaran / Modal Usaha

Jangan sepelekan sumber daya atau anggaran modal usaha, karena modal utama, khususnya kucuran dana akan menentukan seberapa besar bisnis anda kedepannya.


Bisnis makanan atau kuliner memang bervariasi, bisa di jalankan dengan modal kecil, hingga bisa juga memerlukan anggaran yang cukup besar. Tetapi intinya, jika anda menekuni bisnis makanan, saya rasa usaha ini adalah jenis usaha yang cocok dengan modal kecil.


Paling penting, perkirakan pengeluaran modal terkait bisnis yang akan anda susun dari nol. Jangan sampai nantinya usaha tersebut hanya jalan di tempat karena minimnya sumber daya serta hanya tergantung dengan modal kecil.



2. Support Lokasi Strategis

Baik, admin asumsikan bahwa anda sudah memiliki modal. Langkah selanjutnya adalah pemilihan lokasi yang akan men-support usaha tersebut.

Sampai disini mungkin anda bertanya.

Tempat-tempat mana kira-kira yang cocok dengan usaha kuliner?


Semua tempat itu cocok untuk usaha kuliner seperti di pinggir jalan, dekat dengan kawasan industri atau perusahaan, di dekat tempat wisata, atau tempat-tempat lain yang sekiranya banyak orang beraktivitas.


Namun, yang menjadi pembeda adalah kemungkinan di antara tempat yang admin sebutkan di atas memiliki perbedaan tersendiri masing-masing.


Contoh:
Ketika anda membuka rumah makan atau restoran di tempat dekat dengan kawasan industri seperti pabrik, kemungkinan besar yang akan menjadi calon konsumen anda adalah orang yang sama itu-itu saja.


Berbeda dengan tempat lokasi yang dekat dengan pusat kota wisata. Tentu yang nantinya menjadi konsumen anda adalah  orang asing yang sedang berlibur dan tidak bergantung kepada orang itu-itu saja.


Perbedaan tempat atau lokasi yang jelas akan berimbas pada perbedaan pula strategi yang di gunakan.



3. Tentukan Supplier Bahan Baku

Jangan salah, menurut admin bisnis kuliner merupakan jenis bisnis jangka panjang potensial. Maka dari itu, penyuplai bahan bakunya juga harus dari penjual yang berkualitas.

Untuk itu, carilah agen atau penyuplai bahan yang sudah terbukti bertanggung jawab terhadap para pelanggannya. Seperti, menyediakan bahan baku tepat waktu, membuka negosiasi soal harga, serta mampu menyediakan bahan-bahan berkualitas.



4. Tentukan Target Konsumen

Langkah selanjutnya mengenai cara memulai usaha kuliner adalah menentukan target konsumen.

Singkatnya begini, coba pikirkan pertanyaan berikut!


Apa menu unggulan yang anda jual?

Siapa kira-kira yang menyukai makanan tersebut?


Sebuah contoh;
Misalkan restoran anda menjual menu unggulan Nasi Goreng Hot.


Siapa yang menyukai Nasi Goreng Pedas?

Jawabannya semua orang.
Tapi terlalu general, coba lebih spesifik lagi.

Perkiraan saya adalah
Pria dan wanita dengan kisaran umur antara 20 hingga 35 an.

Nah, itulah target konsumen yang  harus anda bidik atau di jadikan prioritas utama.


Semakin detail uraian target marketnya, maka akan semakin efisien dalam menentukan arah bisnis kedepannya. Bahkan, jika anda mau mendapatkan hasil yang maksimal, anda perlu mengetahui demografi target market secara detail.


Seperti, edukasi, radius tempat tinggal, lingkungan, rentang umur, profesi, minat atau interest, suku agama, dan lain-lain. Dengan tujuan untuk memperdalam apa keinginan konsumen.



5. Mebuat Konsep Unik

Membuat konsep bisnis makanan itu penting. Tujuan utamanya tentu agar bisnis kuliner Anda terarah serta tidak acak-acakan.


Konsepnya adalah gagasan yang intens dalam mewujudkan kesuksesan bisnis dengan mengacu pada nilai-nilai usaha, tujuan, serta target pasar.


Setelah menentukan target konsumen yang menjadi prioritas, langkah selanjutnya mengenai cara mulai usaha kuliner adalah membuat tema atau konsep yang unik.


Sesuaikan konsepnya dengan target pasar yang anda incar. Ada banyak pilihan konsep restoran yang bisa anda ambil. Mulai dari gaya restoran klasik, nuansa alam, modern, nuansa romantis, dan banyak lagi.


Dengan konsep unik, setidaknya hal inilah yang akan mendongkrak minat pengunjung untuk mencicipi kuliner yang anda pasarkan. Tetapi sekali lagi silahkan sesuaikan dengan target marketnya.


6. Memanfaatkan Teknologi Internet / Opsional

Memanfaatkan teknologi internet untuk usaha kuliner memang sifatnya opsional. Namun meski begitu, jika melihat situasi saat ini, jangkauan internet cukup menjanjikan untuk urusan bisnis.


Bahkan, jika melihat para kompetitor yang sudah eksis di lapangan, tidak sedikit di antara mereka sudah bekerja sama dengan Google business, ataupun Go Food milik gojek.


Tipsnya mungkin akan admin bagikan   secara terpisah pada postingan selanjutnya. Yaitu tentang bagaimana cara daftar Go Food atau Google Business terkait memanfaatkan teknologi internet untuk usaha kuliner.



7. Pengelolaan Bisnis / Usaha

Tahapan terakhir adalah tentang pengelolaan bisnis. Sebagai bos, setidaknya anda perlu hafal mengenai 8 Kesalahan Para Startup, kemudian pahami bagaimana cara Berfikir Orang Sukses.


Dengan memiliki pengetahuan dasar mengenai kesalahan serta apa yang dilakukan orang sukses, semoga anda mengambil panutan serta dapat menerapkannya ke dalam usaha anda. Karena dua hal itu merupakan kunci sukses usaha kuliner.


Catatan
Itulah pembahasan mengenai cara membuka usaha kuliner. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin di tanyakan, silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar.

Comments