Skip to main content

Alasan Pelaku UMKM Harus Paham Media Internet Untuk Pemasaran



startusaha.com – Tips Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM )

Untuk mengembangkan usaha, admin rasa untuk saat ini hingga kedepan nanti mungkin internet adalah solusinya.


Kenapa internet?

Di internet anda dapat belajar mengenai cara berbisnis, Cara Berpromosi serta banyak lagi tips-tips terkait dengan bisnis yang anda rintis.

Itu belum seberapa…

Yang paling wow dari internet adalah anda dapat dengan mudah menjual produk, menjangkau pelanggan di belahan manapun, atau bahkan mengelola bisnis anda hanya dengan satu genggaman.



Lalu, apa manfaat lainnya untuk  UMKM?

Internet dapat anda gunakan untuk merencanakan bisnis jangka panjang, serta melebarkannya lebih besar.

Lebih banyak opsi ketika kerja sama, berniaga, atau jual beli produk dengan pebisnis lain.

Sangat mudah membuka toko online serta strategi untuk  Memasarkan Produk dengan biaya yang terjangkau. Bahkan tanpa modal sekalipun.


Itulah manfaat internet untuk UMKM Indonesia. Makanya, sangat wajib hukumnya bagi para startup untuk mengetahui lebih rinci mengenai kegunaan internet untuk urusan komersial atau berniaga.




Menuju UMKM Indonesia Maju Bersama Dunia Digital


Jika anda berniat ingin mengembangkan bisnis dengan modal yang cukup terjangkau, seperti yang admin singgung di atas, anda dapat menggunakan media internet untuk membuka toko berbasis website seperti contoh www.tokoanda.com


Selain dapat di kelola hanya dengan satu genggaman, kelebihan memasarkan produk melalui internet itu jangkauannya sangat-sangat luas dan tidak terbatas.


Saat ini tepatnya di 2020, memasarkan produk di internet itu tidak melulu harus produk digital seperti software aplikasi, tetapi produk fisik juga sangat berpotensi untuk sukses. Bahkan baru-baru ini, ada banyak bisnis kuliner yang menggunakan internet sebagai media pemasarannya.


Keunggulan lainnya, coba analisis sendiri.

Menurut data yang admin kutip dari CNBC Indonesia, pengguna internet di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Dan ini telah di prediksi akan terus tumbuh hingga beberapa tahun ke depan sesuai  perkembangan teknologi.


Nah, terkait dengan perkembangan teknologi, ini jelas berimbas pada dunia ekonomi, atau dunia usaha.
Bisnis di masa sekarang sangat erat kaitannya dengan internet.


Itu artinya, jika anda ingin maju dalam menjalankan usaha atau berbisnis, maka menurut admin pribadi, mau tidak mau anda harus berevolusi mengikuti arus digital.


Karena apa?
Karena perubahan zaman. Lihat saja, sekarang para individual lebih sering bersosial menggunakan internet seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, atau media sosial lainnya.


Nah, ketika banyak orang sering berkumpul di internet, hal ini dapat anda manfaatkan untuk memasarkan produk melalui internet itu sendiri menyusul dimana mereka sering berkumpul.


Masih belum yakin?

Lihat ini…

Startusaha
sumber Niagahoster


Ini menunjukkan bahwa masyarakat di era milenial lebih banyak mencari informasi mengenai produk yang mereka minati melalui internet.


Bukankah idealis jika anda menyediakan info produk sekaligus menyediakan barangnya juga? Jadi, saya rasa tidak ada alasan lagi bagi para startup bisnis yang tidak mau memasarkan produknya melalui digital marketing.


Sebelum lebih jauh, sekarang kita lihat data dan fakta bahwa memasarkan produk di internet itu jauh lebih murah.


Prakiraan Anggaran Build Toko Online

Membangun Website Toko Online


Agar dapat membuka toko online berbasis website, anda hanya butuh domain dan hosting.



Apa itu Hosting dan Domain?

Hosting adalah tempat dimana anda menaruh data-data website di internet agar toko online anda nantinya dapat di akses secara online.


Sedangkan domain, domain merupakan identitas alamat website anda agar bisa di kunjungi pengguna internet seperti contoh startusaha.com, marketplace.com jd.id atau eksistensi lainnya yang berhubungan dengan www.



Ibaratnya begini, anggap saja sebuah domain seperti contoh milik saya ini www.startusaha.com adalah alamat menuju ke toko anda di jalanan.
Sedangkan hosting, hosting adalah sebuah ruko anda yang di dalamnya tersedia tempat untuk menyimpan barang-barang dagangan anda. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai hosting dan domain, silahkan akses Disini


Hanya dengan dua komponen utama yaitu Hosting dan Domain, maka anda dapat membuat toko online dengan harga yang jauh lebih murah di banding membangun bangunan ruko di jalanan.


Selain masalah modal utama yang cukup terjangkau, seperti yang admin singgung di atas tadi, jangkauan pemasaran produk di internet itu tidak lah terbatas. Itu kelebihan utamanya.


Hosting paket bisnis pertahun hanya sekitar 600 ribuan.

Domain Eksistensi dot COM pertahun hanya sekitar 150 ribuan saja.

Jadi, modal utama membangun toko itu online jauh lebih murah di banding membangun bangunan ruko / toko atau menyewa tempat berjualan secara offline seperti di pinggir jalan, di pasar-pasar, atau tempat strategis lain.


Itulah alasan utama kenapa para pelaku UMKM harus paham media internet untuk pemasaran. Sampai disini, silahkan ajukan pertanyaan.




Comments