Skip to main content

Bangun Website-mu Dengan Layanan Google Bisnis Digital




startusaha.com – Siapa yang tidak kenal dengan Google? Semua orang pasti tahu bahwa Google adalah layanan internet sejuta umat.


Tahu sendiri lah?
Google merupakan solusi atas segala problematika kita sehari-hari lewat mesin pencari-nya, serta banyak lagi manfaat lain layanan googling yang pastinya dapat membantu kita dalam berbagai masalah.


Bagi anda para kreator yang ingin memasarkan produk secara online, entrepreneur milenial, internet marketer, blogger, atau siapapun, tahukah bahwa anda dapat memaksimalkan kinerja marketing online hanya dengan produk Google?


Khusus untuk para pemula, tak perlu belajar hal-hal aneh atau terlalu jauh dulu mengenai urusan SEO, cukup kenali secara lengkap fitur Google, pahami cara kerjanya, serta gunakan secara intens.


Startusaha
sumber rcdesign.com



 Ada banyak layanan Google yang bisa anda gunakan untuk keperluan internet marketing. Nah, sebelum mempelajari hal lain terkait bisnis digital atau SEO, ada baiknya jika anda mengenali  produk Google untuk marketing sesuai fungsi atau cara kerjanya masing-masing.


Tools Website Digital Dari Google


1. Analityc

Layanan gratis dari Google ini bisa anda gunakan untuk keperluan website atau pun blog.


Bagi sebagian blogger, sangat wajib hukumnya menggunakan Google analityc. Sesuai dengan namanya analityc yaitu untuk menganalisis penggunaan terkait website.


Semacam demografis pengguna, minat pengunjung website, rentang usia, serta data-data kepentingan website dapat anda nikmati secara gratis.



2. Google Search Console ( GSC ) 

GSC merupakan versi baru yang dulu lebih dikenal Webmaster Tools.
Search console dapat anda gunakan untuk memonitor seputar kesehatan website ataupun blog.


Bukan hanya itu, ada banyak fitur-fitur yang dibawakan GSC. Salah satunya adalah..
Laporan penting perkembangan website, kontrol link inbound atau outbound, memperbaiki broken link, dan lain-lain.


Atau…

Yang paling populer dari fitur GSC adalah Infection URL dimana fitur ini sangat-sangat mempercepat proses index Google.



3. Google Ads

Google ads memang bukan layanan gratis, tetapi jangkauan postingan atau konversi klik ketika menggunakan layanan ini sangat luar biasa.


Untuk berbisnis, saya kira menggunakan Google Ads adalah solusi.


Dapat digunakan para startup bisnis untuk berpromosi, menaikan SERP Google, serta dapat membuat website anda tampak lebih profesional.



4. GKP Google Keyword Planner

Terkait dengan G-Ads, Gkp dapat anda gunakan untuk riset kata kunci.


Dengan layanan yang satu ini, anda dapat melihat data-data penting suatu keyword seperti peta persaingan, apa keyword yang sedang populer, serta bisa melihat jumlah data bulanan orang mengetikkan sesuatu kata kunci tersebut di google penelusuran.


Tentunya, dengan GKP ini anda nantinya dapat memprediksi seperti apa hasilnya ketika nanti berpromosi menggunakan Google Ads.



5. Page Speed Insight

Saya sendiri sangat jengkel ketika membuka suatu website yang berat, kemungkinan besar pengguna internet lain juga berfikir hal yang sama.


Maka dari itu, sebagai moderator website atau blog, anda harus bisa memperbaiki kecepatan akses website yang di kelola.


Tujuannya agar pengunjung tidak merasa jengkel, juga untuk meminimalisir tingkatan bounce rate web.


Tetapi jangan khawatir, anda dapat menggunakan page speed insight untuk mengontrol kecepatan website. Nantinya, masalah yang membuat website lambat tersebut akan terkontrol serta beberapa panduan step by step cara memperbaikinya.



Setelah mengenal 5 produk Google untuk website, barulah mulai memikirkan hal-hal lain seperti cara menulis konten artikel, belajar copywriting, dan tutorial-tutorial lain seputar cara membangun website.


Comments