Skip to main content

Bisnis Online Hoax Namun Menjanjikan Manipulasi Sistem Bodoh



startusaha.com – Sudah lama sebenarnya admin ingin menyuarakan ini, tetapi baru saat ini ada waktu luang untuk menyempatkan menulis.

Sedikit banyaknya mungkin anda pernah merasakan.

Akhir-akhir ini begitu sulit untuk menciptakan peluang bisnis. Di bidang hal apapun saat ini bentuk usaha bisa dibilang cukup menghimpit.

Satu yang ingin admin tekankan, harap hati-hati dalam memilih jenis-jenis bisnis online, apalagi jika anda di iming-iming penawaran yang cukup menjanjikan.

Karena jika anda terjerumus, bukan kerugian materi semata sebagai dampak dari menjalani bisnis tersebut. Tetapi akan merugikan diri sendiri, berdampak kepada orang lain, dan tentu saja secara hukum Islam hal tersebut sangat-sangat tidak diperbolehkan dalam hukum jual beli.


Manipulasi Sistem Terbaik

Di Indonesia, cukup banyak perusahaan yang bergerak memasarkan produk melalui online / internet.

Startusaha
Unknown

Seperti biasa mereka akan menargetkan kepada siapa dan bersama siapa bisnis tersebut akan di operasikan.
Target utamanya adalah…

1. Orang Awam
2. Orang-orang Buta Bonus

Kemudian, seperti jual beli biasa mereka menggunakan sekumpulan produk untuk dijadikan media atau alat transaksi agar bisnis tersebut mulus berjalan.

Mulai dari produk fisik seperti perawatan kecantikan, herbal, kesehatan, hingga berupa produk digital seperti database software maupun script-scrip tertentu.

Diselimuti sekelas PT, Tbk, CV dan tektek bengek lain, mereka tidak sungkan menggunakan sistem bisnis yang merugikan banyak orang.

Sebut saja, sistem bisnis seperti get member atau cara kerjanya hanya mengajak orang lain untuk mencari keuntungan itu telah di desain sedemikian rupa oleh si perusahaan.


Merugikan bagaimana, bukankah itu jenis berniaga online?

Yaps, betul…
Itu adalah jenis usaha berniaga, namun seperti yang admin singgung di atas, mereka menggunakan sistem bodoh untuk menjalankan operasi bisnis tersebut dan hanya mementingkan keuntungan perusahaan semata.

Sedangkan untuk para mitra?  Tidak ada keuntungan sama sekali, malahan berdampak pada sulitnya mencari rezeki. Dan itu pernah mimin alami sendiri alias Zonk besar.


Fakta-fakta Bisnis Online Hoax

Dulu, ketika awal-awal bisnis online begitu populer di Indonesia, admin yang notabenya banyak tidak tahu juga pernah kena tipu.
Ya, awalnya mimin ingin mencari informasi terkait bisnis online hingga memutuskan untuk bergabung di grup, ataupun forum-forum bisnis online Indonesia.

Karena tergiur dengan bonus, serta iming-iming menjanjikan kesuksesan tanpa bersusah payah, mimin kemudian ikut bergabung dengan salah satu sebut saja proyek besar-besaran.

Mengapa admin bisa percaya?

Singkat Saja.

Mungkin karena sudah terlalu banyak orang yang terjebak hingga testimoninya juga bagus-bagus, tidak ada yang mencurigakan sama sekali.

 Tentunya mimin juga tidak sembarangan, segudang informasi terkait bisnis online telah di kumpulkan dan dijadikan pertimbangan utama untuk bergabung dan fix masalah selesai alias memutuskan untuk bergabung.

Mimin di mintai modal awal sebesar Rp 650.000 untuk mendapatkan produk sekaligus menjadi member.

Waktu itu kalau tidak salah di sebut bisnis dropshop atau apa lah lupa lagi..

Pokoknya waktu itu serasa gagah di sebut Leader Dropshop Di PT. Abal-abal

Setelah beberapa minggu bergabung, disitulah admin tahu bahwa sistem bisnis ini benar-benar tidak beres serta bingung sendiri.

Jujur, saat itu mimin dibuat jengkel mengingat cara kerjanya yang harus mengajak member lain untuk menjual produk yang tidak bisa dimengerti sama sekali. Keuntungan yang mimin dapat hanya tergantung dari seberapa banyak orang yang mau ikut bergabung lewat ajakan mimin.

Kesimpulannya, bisnis online tersebut hanya berputar-putar di satu tempat, sulit bagi para mitra untuk berkembang, intinya, sangat jauh untuk bisa sukses.

Pertanyaannya, apakah mimin berhasil menjalankan bisnis tersebut?

Secara materi Yes…
Tetapi secara kepuasaan No…

Begini ceritanya.
Ketika admin berhasil mengumpulkan orang-orang untuk bergabung, itu berarti secara materi mimin dapat mengumpulkan poin, bonus, dan juga komisi. Maka secara materi, dapat dikatakan berhasil meskipun harus melewati ejekan orang, dan kerja keras.

Tapi, sesuai dengan peraturan perusahaan, maka secara otomatis orang yang bergabung perusahaan lewat ajakan mimin menjadi tanggung jawab mimin sendiri.

Orang-orang tersebut harus di bimbing untuk mengajak orang lain seperti bagaimana cara memasarkan produk, bagaimana cara mengajak memberi lain dan lain-lain terkait bagaimana cara mendapatkan keuntungan bersama bisnis tersebut.

Itulah yang membuat bisnis ini hanya berputar di satu tempat. Kebanyakan bawahan saya mengeluh karena tidak bisa mengajak orang lain, itu berarti mereka tidak dapat mencari keuntungan. Mereka hanya menjadi korban. Dan itu sangat-sangat miris.


Kesimpulannya

Jangan mau bergabung atau bermitra dengan bisnis-bisnis nggak jelas seperti mengajak member lain untuk mendapatkan keuntungan.
 Karena menurut pengalaman, bukan keuntungan yang di dapat, melainkan merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

Sistem bisnis seperti itu sama sekali tidak menjanjikan untuk sukses. Untungnya tidak membuat kita sukses finansial, keuntungan dari bisnis seperti itu tidak berkah yang tentu saja membuat rezeki semakin dipersempit hyang Widhi.

Berusahalah yang benar-benar real terbuka, tanpa rahasia-rahasiaan. Ada banyak cara lain untuk mencari uang. Jika anda sedikit smart, saat ini internet bisa anda manfaatkan untuk meraup pundi-pundi dolar. Silahkan akses cara mendapatkan Uang Di Internet.



Comments