Skip to main content

5 Alasan Kenapa Harus Berinvestasi Saat Masih Muda




startusaha.com – Mulai dari mana? Di mulai dari niat.
Pengertian investasi secara umum adalah untuk mendapatkan keuntungan pada periode tertentu.

Cukup jelas, itu artinya berinvestasi sama juga dengan berbisnis atau berusaha. Karena sama-sama mencari keuntungan. Namun sebagian investor ada yang menyebut investasi merupakan metode menyimpan uang dengan aman.


Tahukah anda hidup ini adalah kepastian?

Yaps… ! waktu berdetak pasti dan tak pernah berhenti. Sayangnya hal ini jarang di sadari masyarakat umum, khususnya para kaula muda bahkan mungkin termasuk anda sebagai pembaca.


Karena itulah startusaha dot com selalu berusaha menyuarakan kepada para pembaca untuk menginvestasikan sejumlah uang. Tujuan utamanya adalah agar anda memiliki kebebasan finansial serta memiliki gaya hidup terarah.


Penting kah investasi?
Jelas penting atuh.
Baik, sekarang admin akan berbagi 5 alasan kenapa harus berinvestasi sesegera mungkin.


5 keuntungan investasi


1. Menekan Inflasi

Perhatikan hitungan berikut.

1+1=2

Bukan begitu?
Hitungan angka itu sifatnya pasti dan tidak pernah berubah di makan usia. Dari dulu jika satu tambah satu tetap hasilnya dua.


Startusaha
startusaha.com


Tapi beda cerita jika hitungan dalam bentuk uang atau rupiah.

Contoh:
Detik ini, di tahun ini, jika Rp 5000 + Rp 5000 sama dengan?

Jawabannya jelas 10.000 rupiah.
 Dan jika anda memiliki sejumlah uang Rp 10.000 pada tahun ini, mungkin sejumlah uang tersebut masih dapat anda tukarkan dengan ½ kg telor berisi kurang lebih 8 butir.

Artinya Rp 10.000 pada saat ini sama dengan atau nilainya setara ½ kg telor berisi 8 butir.

Ok, sekarang jelas Rp ceban = ½ kg telor.

Tapi beda cerita untuk satu atau dua tahun ke depan, mungkin tahun berikutnya Rp 10.000 sama dengan ¼ telor berisi 5 butir saja.

Itu artinya Rp 10.000 pada tahun 2023 mendatang sama dengan ¼ telor.

Seperti itulah hitungan dalam bentuk uang atau rupiah, nilainya hilang dimakan usia, meski dalam catatan hitungannya sama.

Yang jadi pertanyaan, lalu kemana ¼ kg telor yang hilang tersebut. Harusnya kan 10 ribu sama dengan ½ kg telor?

Inilah yang di sebut dengan Inflasi. Hal ini tidak dapat hindari karena Inflasi di Indonesia mencapai di angka 5 hingga 15℅ per tahun.

Jadi jika anda tidak ingin kehilangan nilai tukar  harta dalam bentuk rupiah, maka alternatifnya adalah melakukan investasi. Itu tujuan utamanya investasi, yaitu menekankan jumlah uang yang di grogoti inflasi tiap tahunnya.

Ada banyak jenis investasi yang harus anda pertimbangkan, silahkan akses bagian halaman Jenis Investasi secara lengkap.



2. Mencari Keuntungan

Kemudian….
Alasan kenapa harus berinvestasi bagian ke-dua adalah mencari keuntungan.


Intinya, investasi sama dengan = menyimpan sejumlah uang sekaligus mencari keuntungan. Bukankah itu ide brilliant?


Ya.
Dengan catatan jika anda tidak melakukan kesalahan saat akan menginvestasikan nominal uang.


Karena apa? Karena saat ini ada banyak jenis-jenis investasi yang sedikit banyaknya membutuhkan pelajaran khusus.



3. Target Pencapaian Sukses

Ketika anda menargetkan suatu kesuksesan, dalam hal ini misalnya ketika  ingin mendapatkan kebebasan finansial, maka caranya adalah melakukan investasi.


Contoh:

Jika saat ini anda membeli atau membangun satu atau dua ruko tempat berjualan dengan menghabiskan dana katakanlah 300 juta rupiah secara keseluruhan.


Kemudian kedua ruko tersebut anda sewakan dengan harga misalnya 5 atau 6 juta per bulan.


Berapa penghasilannya? Kurang lebih sekitar 70 jutaan per tahun. Itu artinya, untuk mengembalikan sejumlah modal hanya butuh waktu kurang lebih sekitar 4 tahunan.


Nah, itu adalah penghasilan dari keuntungan investasi. Kemudian agar lebih terperinci, silahkan hitung jumlah aset atau harga kedua ruko jika di uangkan dalam arti di jual pada jarak waktu 4 tahun sesudah pembangunan.


Tentu menurut saya pribadi yang namanya properti itu akan naik. Tidak mungkin harganya mentok di 300 jutaan. Bisa jadi 400 atau bahkan lebih.


Itulah Keuntungan Berinvestasi sedari dini. Jadi investasi itu dapat anda targetkan untuk mencapai suatu kesuksesan atau keberhasilan mengatur keuangan.



4. Bentuk Mengatur Uang

Alasan ke-4 kenapa harus berinvestasi pada usia masih muda adalah bentuk mengatur financial.

Startusaha
startusaha.com


Sudah menjadi rahasia umum jika yang namanya mengatur uang itu susah-susah gampang. Hanya segelintir orang yang dapat me-manage keuangan secara terperinci.


Itu artinya memang susah. Sampai disini perlu admin ingatkan, mengatur uang itu harus juga di sertai dengan mengatur diri sendiri.


Karena sifat manusia itu tidak jauh berbeda, seperti admin misalnya. Jika keinginan saya sendiri tidak di kontrol dengan baik, maka dapat di pastikan akan sulit untuk mencapai kebebasan finansial.


Karena keinginan kita sebagai manusia biasanya suka banyak menye-menye gak jelas, ingin ini, ingin beli itu, sudah dapat yang ini, pingin nambah lagi. Begitulah seterusnya.


Maka dengan sadar akan keuntungan investasi, hal tersebut sama saja dengan bentuk Mengatur Keuangan menuju lebih baik.



5. Menghindari Kebangkrutan

Poin terakhir, seperti yang admin singgung pada awal paragraf bahwa waktu itu berdetik pasti tak pernah berhenti.


Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi hari esok atau hari-hari berikutnya. Bisa jadi malah lebih baik, bisa juga lebih buruk dari hari ini.


Beruntung kalau lebih baik, tetapi jika sebaliknya?


Nah, yang perlu kita lakukan adalah berusaha meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Dalam hal ini adalah tentang me-manage keuangan. Itulah alasan kenapa harus berinvestasi.


Karena investasi merupakan bagian dari menyimpan uang, mencari keuntungan, bentuk mengatur diri sendiri, serta dapat di jadikan fondasi yang kokoh ketika menuju waktu atau titik kebangkrutan.


Catatan
Semoga bermanfaat, jangan lupa share buat pengguna internet lain. Kemudian jangan lewatkan 10 Cara Sukses. Tunggu postingan berikutnya.




Comments