Skip to main content

5 Fakta Dampak Virus Corona Terhadap Indonesia




Sebenarnya admin sangat-sangat malas membahas sesuatu yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan urusan bisnis atau dunia usaha. Tetapi dampak virus Corona ini sangat lah besar terhadap umat manusia di muka bumi. Maka tidak ada salahnya jika admin menuliskan informasi menarik seputar fakta-fakta yang terjadi saat ini yang di sebabkan covid-19.

Startusaha
source Unknown


Jangan salah, meskipun Virus Corona pada dasarnya adalah suatu wabah penyakit, tapi di sisi lainnya virus tersebut juga berdampak pada perekonomian secara global, hal ini secara tidak langsung bahwa Indonesia juga akan terkena imbasnya. Dan jika Indonesia terkena imbas dari virus corona, maka kita sebagai rakyatnya juga serasa di paksa menelan pil pahit kenyataan.


Baik, sekarang kita akan bahas secara lengkap mengenai fakta virus corona yang akan berimbas pada kerugian kita-kita sebagai masyarakat.


Dampak Covid-19


Seperti yang kita ketahui, virus corona pertama kali di temukan di Wuhan Tiongkok pada pebruari lalu, kemudian ia mulai menjalar ke beberapa negara terdekatnya seperti Korea Selatan, Jepang, Indonesia, bahkan telah memasuki sebagian wilayah Eropa. Italia merupakan negara Eropa paling tinggi yang terpapar kasus covid-19.



Ini bukan kabar baik bro, melainkan suatu peringatan atau pengingat bagi umat manusia di manapun untuk selalu waspada terhadap datangnya wabah yang satu ini. Itu artinya, Masing-masing orang di tuntut untuk mencegah menjalarnya virus tersebut dengan tidak melakukan kegiatan-kegiatan kontak langsung dengan orang lain.



Seperti tidak melakukan perjalanan ke luar negeri, mengisolasi diri sendiri, cek kesehatan berkala, menghindari kontak langsung dengan banyak orang, dan sebisa mungkin kita di tuntut untuk mencegah datangnya covid-19 dengan tujuan menekan angka kematian akibat wabah yang mengerikan ini. Lebih jauh lagi, mari kita intip fakta-fakta dampak virus corona.


Fakta-fakta Dampak Virus Corona Di Indonesia


1. Ekonomi Global Melemah

Faktanya dampak dari covid-19 ini adalah melemahnya perekonomian global. Nah, di balik melemahnya perekonomian dunia, hal ini tentu saja berimbas pada perekonomian di Indonesia sendiri.


Menurut CNN Indonesia, BI atau Bank Indonesia telah meramal bahwa ekonomi Indonesia anjlok hingga 4,2℅ karena Virus Corona.



2. Inflasi

Apa itu Inflasi?

Singkatnya, jika saat ini di 2020 anda masih dapat membeli krupuk seharga seribu rupiah, maka tahun depan kemungkinan uang 1000 perak tersebut tidak dapat lagi anda tukar dengan 1 biji krupuk karena harga bahan bakunya naik di pengaruhi ekonomi global. Dan hal ini sangat wajar terjadi.


Tapi, terkait dengan poin nomor satu tadi yaitu ekonomi dunia sedang terpuruk karena covid-19, maka inflasi akan lebih cepat menekan dua kali lipat di bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.



Beruntung jika anda sebelumnya telah menginvestasikan sejumlah harta ke dalam bentuk emas. Karena jika saja dunia terus di hantui virus corona, bukan tidak mungkin di masa mendatang uang kertas khususnya rupiah terus mengalami penurunan nilai terhadap sumber daya.



3. Nilai Tukar Rupiah Merosot

Saat artikel ini di tulis, mata uang kita yaitu Rupiah menurun 30℅ lebih cepat di sebabkan perekonomian dunia sedang tidak stabil. Tercatat nilai tukar rupiah pada saat ini adalah 16.070 rupiah per 1 dollar As.

Startusaha


Dan di prediksi akan terus tertekan jika perekonomian secara global tidak kunjung membaik.


4. Sebagian Kota Di Kunci / Lockdown

Kota Mati….
Yaps,  mungkin anda pernah mendengar sebuah kota mati hanya di cerita-cerita atau sebuah lagu karangan.


Faktanya, di negara Eropa khususnya Denmark telah memberlakukan Lockdown atau mematikan pusat-pusat kota untuk sementara waktu. Arab Saudi juga demikian, mereka telah menutup Mekkah tempat beribadah kaum muslimin untuk sementara waktu.


Di Indonesia sendiri khususnya wilayah DKI Jakarta, pemerintah DKI telah menutup sebagian pusat-pusat kerumunan orang seperti Monas Jakarta, Stasiun, dan beberapa pusat keramaian orang beraktivitas.


5. Beberapa Kegiatan Diliburkan


Dampak Covid-19 yang paling mencengangkan adalah beberapa kegiatan nyaris mati kutu. Kegiatan aktivitas yang mulai di berhentikan untuk sementara waktu adalah proses belajar mengajar.


Bukan hanya itu, ada banyak kegiatan  terjadwal yang juga di tunda untuk sementara. Faktanya, semua orang hampir tidak bisa beraktivitas di luar rumah, dan sedikit banyak ini mengakibatkan pelumpuhan perekonomian.




Comments