Skip to main content

7 Rekomendasi Kerja Online Dari Rumah Untuk Mendapatkan Uang Tambahan


Terhitung sudah hampir tiga minggu semenjak pemerintah kita memberlakukan pembatasan sosial baik berskala kecil maupun besar. Dan seperti yang kita tahu, beberapa kegiatan sudah di liburkan pemerintah seperti proses belajar mengajar, pembatasan akses pusat kota-kota, tempat belanja, dan lain-lain dengan tujuan meminimalisir terjadinya penyebaran covid 19.



Nah, kemungkinan besar anda juga pasti merasakan kekhawatiran saat bekerja di luar rumah, bahkan mungkin tempat anda bekerja saat ini juga telah meliburkan perkerjaan untuk sementara waktu. Terlepas dari libur atau tidak nya sebuah pekerjaan yang anda tekuni saat ini, yang jelas akhir-akhir ini anda pasti merasakan betapa sulitnya mencari uang karena adanya virus.



Yang mimin dengar beberapa di antara kita sudah banyak yang mengeluh bahwa akhir-akhir ini semenjak covid 19 mewabah keseluruh dunia, ada banyak orang yang kehilangan hampir 50℅ pemasukan, bahkan ada beberapa kasus yang kehilangan mata pencahariannya sehari-hari. Tidak ada cara lain selain kita sendiri yang harus agresif mencari peluang usaha sampingan di tengah pembatasan ruang lapangan pekerjaan.



Berhubung saat ini kita tidak di perkenankan keluar rumah untuk sementara waktu, maka admin rasa mencari peluang kerja online merupakan metode ideal dalam mencari penghasilan tambahan. Untuk itu, kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar pekerjaan online yang bisa anda kerjakan di dalam rumah.

Selengkapnya…..





Alternatif Kerja Online Di Rumah Untuk Penghasilan Tambahan


Bukan rahasia lagi jika teknologi begitu cepat berkembang, dan hal ini pastinya juga berpengaruh ke dalam dunia pekerjaan pekerjaan sehari-hari. Itu artinya sangat-sangat memungkinkan jika anda bisa menekuni pekerjaan secara online.



Yaps! Siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk menekuni pekerjaan online. Ini adalah kabar baik khususnya bagi orang-orang yang tidak bisa keluar rumah untuk sementara waktu.



Pekerjaan online yang akan mimin uraikan di bawah ini tidak mengharuskan anda keluar rumah, namun bisa di kerjakan di tengah karantina sehingga bisa dilakukan dengan fleksibel tanpa keluar biaya ongkos untuk pergi ke kantor. Bukan hanya itu, keuntungan lainnya jika anda mau bekerja secara online adalah berpotensi untuk sukses karena jika melirik perkembangan teknologi saat ini, ada banyak start-up bisnis yang mulai terjun secara digital.



Kesimpulannya, kerja online juga tidak kalah menggiurkan di bandingkan kerja lapangan. Dan asal anda tahu, di Indonesia sendiri ada banyak lowongan kerja online terpercaya yang pastinya dapat anda tekuni hingga berhasil mendulang penghasilan yang fantastis. Baik, langsung aja ke topik utama pembahasan.





Rekomendasi Kerja Online Dari Rumah Sampingan


1. Freelancer Writer

Ini sangat cocok di tekuni untuk anda yang hobi menuangkan ide-ide ke dalam tulisan. Ada banyak website-website di internet yang berani membayar para kontributor penulis secara online. Dan mengenai pembayarannya, itu sangat tergantung dari seberapa kualitas artikel yang anda buat dan tergantung dari kesepakatan dengan klien yang akan membayar tulisan anda.

 
startusaha
theladders.com


Anda dapat menuliskan ide-ide seperti pembahasan tutorial, gadget, teknologi, religius, financial, dan masih banyak lagi topik yang dapat anda angkat menjadi sebuah artikel tulisan bermanfaat bagi banyak orang sesuai dengan minat atau keahlian anda di bidang masing-masing topik.



Jika ada pertanyaan seperti, Min gimana caranya menjadi freelance di suatu website?



Ada banyak opsi jika anda memutuskan untuk menjadi penulis / kontributor di internet. Mulai dari secara langsung menghubungi pihak si developer website, atau bisa juga menggunakan Google Search dengan kata kunci situs penulis lepas. Namun admin merekomendasikan anda menjadi member di Sribulancer untuk menjual karya tulis anda.


Disana anda dapat membuat profile khusus kontributor untuk mulai memasarkan karya tulis anda kepada calon pelanggan, jangan lupa buat portofolio sebaik mungkin guna memikat calon klien untuk mulai mendapatkan project pertama anda sebagai kontributor. Untuk selengkapnya, silahkan akses www.sribulancer.com untuk memulai kerja online mengetik.





2. Blog Developer / Pengembang Blog Website

Admin kasih bocoran nih. Sebenarnya, membuat sebuah blog atau website itu tidak susah-susah amat lho bro. Tidak perlu jago koding atau bahasa pemrograman khusus, tak perlu pembelajaran khusus, hanya butuh tekad saja anda sudah dapat membuat blog personal seperti www.bloganda.com hanya dengan modal domain beserta hosting.



Nah, ini terkait dengan poin nomor satu di atas tadi, yaitu sangat cocok di kerjakan bagi anda yang menyukai atau memiliki hobi tulis menulis. Karena dalam mengembangkan sebuah blog, yang jelas membutuhkan sebuah konten artikel menarik, bermanfaat, dan juga berkualitas.




Ketika anda sudah mempunyai blog dengan ribuan visitor atau pengunjung tiap harinya, admin rasa mendapatkan Penghasilan Melalui Internet atau mendapatkan penghasilan secara online bukanlah hal yang sukar. Inilah yang disebut dengan kerja online freelancer. Terkait dengan dunia tulisan, silahkan baca Panduan Menulis Artikel untuk info lebih lanjut.






3. Mengikuti Survei Berbayar



Jika kedua alternatif diatas tidak anda minati dengan alasan bukan kriteria, harap tenang karena ada opsi lainnya, yaitu dengan mengikuti survei online. Cara kerjanya cukup mudah, fleksibel, tidak menguras tenaga, namun tetap bisa di bilang cukup untuk kategori penghasilan tambahan.



Cara kerjanya adalah menjawab survei seputar penggunaan suatu produk, sudut pandang, demografi, dan lain-lain secara online melalui website atapun aplikasi. Sebagai imbalannya anda akan di kasih reward berupa poin yang nantinya dapat anda tukar dan cairkan dengan uang rupiah.



Untuk situs web survei online terpercaya sendiri ada.



• Toluna

• YouGov

Buka Selengkapnya



4. Program Affiliasi



Peluang Bisnis Online selanjutnya adalah mengikuti program affiliasi yang sekarang mulai ramai dipercaya sebagai ladang penghasil uang sampingan. Tak hanya di luar negeri, di dalam negeri sendiri saat ini ada begitu banyak toko e-commerce yang membuka program patner affiliasi.



Syarat utama agar dapat mengikuti program ini adalah memiliki akun social media seperti Twitter, Facebook, Instagram, atau pun blog untuk melakukan promosi produk marketplace populer. Produk yang anda pasarkan nantinya bisa berupa produk fisik atau bisa juga produk digital seperti software, hosting, dan masih banyak lagi.



Yang menarik dari affiliasi adalah komisinya yang cukup besar. Biasanya akan di berikan komisi sebesar 4 hingga 15℅ per penjualan. Dan media yang anda gunakan untuk mempromosikan penawaran menarik tersebut biasanya berupa banner, atau pun link yang mengarahkan pelanggan ke proses pembelian.



Meskipun pekerjaan online ini hampir tidak memerlukan modal serta dapat dikerjakan di dalam rumah, namun anda perlu trik khusus untuk memasarkan produk tersebut di internet. Intinya anda perlu paham betul dengan apa yang di sebut skill online marketing.





5. Kreator YouTube



Konsistensi sangat-sangat diperlukan jika anda ingin meraih penghasilan melalui YouTube.

 
startusaha
businessinsider.com


Konsisten dalam hal apa min?



Tentu saja dalam membuat konten video, karena untuk membangun channel youtube hingga mendapatkan ribuan subscribe dan viewers bejibun, itu membutuhkan konten bermanfaat, unik, dan juga membutuhkan ekstra kesabaran.



Menariknya, tidak ada aturan menye-menye dalam pekerjaan ini. Itu artinya semuanya sangat tergantung dengan anda sendiri sebagai admin atau kreator youtube. Nah, mengenai pendapatannya, itu juga tergantung dari berapa jumlah viewers per hari, dan juga subscriber.





Lalu bagaimana cara mendapatkan uang melalui youtube?



Umumnya, untuk mulai memonetisai chanel youtube hingga mendapatkan keuntungan adalah mengikuti program periklanan seperti Google AdSense atau pun dengan menjual produk milik sendiri.





6. Menjual Foto



Masih belum yakin?



Begini! Di luar sana ada ribuan atau bahkan milyaran kreator yang membutuhkan konten berupa Foto unik, original, serta bebas hak cipta untuk digunakan kembali.

Yaps di era yang serba digital ini hanya sebuah foto pun bisa anda jual untuk mendapatkan keuntungan tambahan.



Adapun situs yang menampung karya fotografer anda adalah shutterstock. Perlu anda ketahui, Shutterstock adalah marketplace kontributor desain terbesar di seluruh dunia. Tidak hanya foto, anda juga dapat menjual karya lainnya seperti Logo, Banner Iklan, Template Newsletter dan masih banyak lagi.



Silahkan buat akun khusus kontributor di www.shutterstock.com kemudian mulai upload karya-karya anda dan mulailah untuk mendapatkan penghasilan pertama anda dalam menjual karya seni. Sedikit catatan, shutterstock hanya akan menerima konten original yang belum pernah anda publikasikan di media manapun. Itu berarti menuntut anda untuk membuat konten original murni karya anda dan bebas dari copyright hak cipta.




7. Dropshiper

Lowongan kerja online shop terakhir adalah menjadi Dropshiper di marketplace terpercaya. Cara kerjanya cukup mudah, kurang lebih hampir sama seperti affiliasi.



Tanpa modal, tidak perlu stok barang, packing, maupun mengirim kepada pembeli karena semua itu dilakukan oleh si supplier. Untuk supplier terpercaya sendiri adalah Maesho. Silahkan download aplikasinya di Google PlayStore dan mulailah untuk memasarkan produk di dalam aplikasi tersebut.



Maesho sendiri merupakan perusahaan jual beli online yang cukup terpercaya, dan paling penting perusahaan ini berasal dari Indonesia. Produk-produk yang di tawarkan di maesho adalah berupa produk fisik khusus Fashion seperti tas, baju, serta perlengkapan pakaian lainnya.



Kerjakan Untuk Mendapatkan Uang Tambahan


Silahkan kerjakan mana kira-kira yang cocok dengan keahlian anda. Meskipun begitu tetaplah realistis, karena yang namanya mencari uang baik itu secara offline mau pun online tetap tidak mudah.



Yang jelas butuh waktu, kesabaran dan juga ketelitian dalam berkerja mencari keuntungan, khususnya bekerja secara online. Sangat di harapkan di tengah pembatasan akses social ini tidak dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Mari berkerja dan Tingkatkan Skill Individu. 

Comments