Skip to main content

5 Persyaratan Persiapan dan Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat E-mail




startusaha.com- Semua tak lagi sama, kebiasaan lama nyaris tergantikan dengan hal-hal baru. Dalam hal apapun itu seperti rutinitas, cara kerja, peradaban, berbisnis, bersosial, dan berbagai macam hal lain terkait kebiasaan nyaris berubah seiring perkembangan teknologi.


Begitu juga dengan dunia lamar melamar, tapi bukan melamar si Do'i lho ya, ini khusus tentang cara melamar pekerjaan lewat E-mail. Nah, saat ini sudah cukup banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja dan mengundang calon karyawan untuk segera mengirimkan lamaran / resume menggunakan E-mail atau surat elektronik.



Kalo dulu mah ya, melamar kerja di suatu perusahaan itu cukup ribet, dimana kita harus membuat serta mencetak kelengkapan dokumen dengan cara dikirim melalui Pos atau datang langsung ke kantor perusahaan yang di incer. Tetapi sekarang, zamannya sudah berubah bro. Ini sangat-sangat menguntungkan kedua belah pihak, dimana kita tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor perusahaan, semuanya cukup dilakukan di rumah saja. 



Tapi masalahnya, ada banyak calon pelamar kerja yang masih belum mengerti sepenuhnya mengenai cara melamar kerja lewat E-mail yang benar, bahkan mungkin termasuk anda sendiri. Baik, tutorial kali ini admin akan berbagi cara melamar kerja lewat online. Selengkapnya.



Cara Mengirim Lamaran Lewat E-Mail

Mengirim lamaran kerja menggunakan E-mail itu sebenarnya sangat mudah, hanya saja butuh ketelitian dalam menyiapkan seluruh dokumen-dokumen yang diperlukan termasuk CV, Scan KTP, Ijazah, dan lain-lain.

Disinilah rata-rata permasalahannya, banyak orang yang belum mengerti sepenuhnya bagaimana cara membuat dan mempersiapkan seluruh persyaratan umum. Maka dari itu, harap teliti saat mempersiapkan dokumen, jangan sampai ada yang terlewatkan karena bisa saja menjadi masalah untuk anda sendiri.



Mempersiapkan Persyaratan Umum

Baik, sekarang admin contohkan.


1. Persiapkan Seluruh Document 

Pastikan seluruh dokumen yang di minta perusahaan tidak ada yang terlewatkan seperti contoh.

1. Surat Lamaran kerja yang akan digunakan dalam isi pesan E-mail.
2. CV atau daftar riwayat kerja.
3. Scan KTP
4. Scan Ijazah 
5. Pas Photo Dengan ukuran yang di minta perusahaan
6. Serta dokumen lain sesuai permintaan si perusahaan atau PT. Opsional.


Itu adalah persyaratan standar yang umumnya akan di minta perusahaan. Namun kemungkinan ada data atau berkas lain yang tidak sempat saya tulis. Seperti yang mimin singgung di awal, pstikan data-data yang di minta perusahaan tidak ada yang terlewatkan.


Jika semua data persyaratan yang di minta perusahaan sudah tersedia. Langkah selanjutnya adalah membuat lamaran yang akan digunakan di dalam isi pesan E-mail sebagai syarat yang pertama.


2. Membuat Teks Lamaran

Baik sekarang kita akan mulai mempersiapkan persyaratan yang paling penting, yaitu pernyataan lamaran no. 1.

Teks ini berisi tentang pernyataan lamaran, umumnya sering digunakan di badan e-mail atau isi pesan E-mail. Namun bisa juga di buat dalam format  .doc di jadikan satu folder bersama data-data lainnya. Berikut contoh teksnya.


Contoh Teks Surat Lamaran


Bandung 9 Maret 2020

Dengan Hormat, sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari website resmi www.sampul.com pada tanggal 03 maret 2020 bahwa PT. Sampul sedang membuka lowongan pekerjaan di posisi Staff Administrasi. Untuk itu saya menyatakan ketertarikan untuk bekerja atau mengisi lowongan pada posisi tersebut. Berikut ini adalah biodata singkat saya beserta lampiran dokumen lainnya.

Nama              : Muhammad Fahmi
Tanggal Lahir : 03 September 1990
Alamat            : Jl. Raya Asia Afrika no. 33 Bandung

Bersama dengan surat ini, saya juga melampirkan data pendukung lainnya berupa lampiran yang dapat Ibu/Bapak unduh sebagai bahan pertimbangan.


Dengan demikian, atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,
Muhammad Fahmi


Itu adalah contoh template teks melamar kerja, silahkan copy paste teks tersebut dan edit bagian yang di perlukan. Atau anda juga dapat menulisnya sendiri sesuai dengan keinginan masing-masing. 

Tips!
Sebaiknya gunakan teks atau tulisan yang anda buat sendiri. Gunakan bahasa formal atau bahasa Indonesia yang baik sesuai EYD agar terlihat profesional.



3. Membuat Berkas CV atau Curiculum Vitae

Langkah selanjutnya kemudian masih berkaitan dengan mempersiapkan dokumen. Yaitu membuat CV atau Curiculum Vitae sebagai persyaratan yang ke-2. Buatlah berkas CV dalam format .doc  .pdf atau .png karena eksistensi file seperti di atas merupakan format file yang umum.


Bagaimana cara membuat document CV?





Anda dapat membuat CV menggunakan MS word seperti contoh CV di atas. Jangan lupa simpan file CV yang anda buat dalam format .doc.





4. Scan KTP Elektronik, Ijazah, Pas Photo dan Lain-lain

Bagian ke-4, silahkan scan seluruh persyaratan document seperti Ijazah, KTP Elektronik, Pas Photo, serta document lainnya jika ada yang terlewatkan. 


Bagaimana cara scanning document?

Untuk melakukan scanning pada Ijazah, KTP, dan berbagai dokumen lainnya itu cukup mudah. Anda dapat menggunakan smartphone android maupun iPhone. Jika mengalami kesulitan, silahkan masuk link berikut untuk Cara Scanning document menggunakan smartphone.



5. Siapkan Dokumen Lain / Opsional

Sampai disini, mimin harap anda lebih teliti sebelum mengirimkan lamaran, sebaiknya 
anda membuat ceklis poin-poin apa saja yang harus ada di dalam lamaran sebelum mengirimkannya.



Cara Mengirimkan Lamaran Menggunakan E-mail

Jika seluruh persyaratan atau semua dokumen-dokumen yang di minta perusahaan sudah anda siapkan, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengirimkannya menggunakan e-mail. Baik, tutornya mungkin akan mimin buat pada halaman terpisah. Tunggu minggu depan.





Comments