Skip to main content

8 Langkah Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat E-mail Profesional



startusaha.com – Masih ingat kan, pada postingan minggu kemarin sudah mindom jelaskan bagaimana cara mempersiapkan data-data atau dokumen penting sebagai persyaratan utama untuk melamar pekerjaan lewat E-mail.



Karena pembahasannya lumayan cukup panjang, jadi mimin putuskan untuk membuatnya dalam dua halaman atau dua postingan secara terpisah. Nah, kali ini kita akan bahas lanjutan bagaimana cara mengirimkan lamaran kerja menggunakan E-mail.



Untuk kamu bro, yang masih awam terkait membuat lamaran, membuat CV, atau berkas-berkas lain, sebaiknya ikuti dulu Postingan Kemarin agar tidak simpang siur informasi yang mimin bagikan secara terpisah. Sekarang kita lanjut….



Langkah-langkah Awal


Pastikan anda memiliki E-mail aktif yang dapat digunakan untuk mengirimkan lampiran. Boleh menggunakan Gmail, Yahoo Mail, atau Hotmail, semua sama saja, paling penting, gunakanlah alamat e-mail sesuai dengan ID anda aslinya.


 Maksudnya begini…..
Misalkan nama anda adalah Kupra Ibrahim, maka seharusnya alamat e-mail anda adalah kupraibrahim@gmail.com Nah, ini bagus.


Hindari menggunakan alamat email yang terkesan alay atau kurang profesional seperti contoh kupraunyu-unyu@gmail.com, nah alamat email seperti ini sangat tidak disarankan, lebih baik ganti dengan e-mail baru.
Ok, admin asumsikan anda sudah memiliki e-mail aktif yang siap digunakan. Langsung saja.



Cara Mengirim / Proses Pengiriman


1. Kumpulkan semua berkas atau dokumen yang diperlukan seperti Scan Ijazah, KTP Elektronik, Pas Photo, CV / Curiculum Vitae, dan lain-lain. Dan jangan lupa jadikan file tersebut dalam format dot doc atau dot png.

2. Jadikan semua dokumen-dokumen tersebut dalam satu folder. Opsional

3. Buka Gmail atau layanan E-mail yang anda gunakan. Kurang lebih tampilannya seperti gambar berikut:





Contoh Mengirim Lamaran Menggunakan Smartphone



4. Sampai disini, silahkan klik ikon plus seperti pada contoh gambar di atas. Maka kurang lebih tampilannya seperti berikut.




5. Langkah selanjutnya, silahkan isi badan e-mail dengan Teks Lamaran, atau pertanyaan lamaran. Lebih tepatnya lihat gambar.


6. Kemudian klik Ikon yang mimin kasih anak panah dan silahkan upload file dokumen yang dijadikan satu folder tadi.


7. Periksa kembali sebelum dikirim, dan pastikan tidak ada kesalahan baik dalam pengetikan atau kesalahan alamat e-mail si perusahaan.


8. Jika semuanya sudah siap, silahkan langsung kirim dan jangan lupa sertakan do’a agar prosesnya lancar.


Tips Tambahan


Ikuti standar pengiriman e-mail.
Meskipun tidak ada batasan waktu dalam mengirim lamaran menggunakan E-mail, sebaiknya lakukan pengiriman pada saat jam kerja. Pastikan juga bahwa lowongan masih tersedia untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Jika mengalami kesulitan silahkan Hubungi Admin

Semoga bermanfaat.



Comments