Skip to main content

Tips Menggali Peluang Usaha Dengan Keterampilan Go Entrepreneur Sukses



startusaha.com – Seperti pepatah yang mengatakan banyak jalan menuju Roma, begitu juga dengan dunia usaha. Ide bisnis sendiri atau ( berwirausaha ) itu ada banyak, asal mau berfikir krisis dan bekerja keras, plus sedikit kreatif.


 Tapi nyatanya, banyak juga orang yang mengeluh karena katanya sulitnya mencari ide usaha atau sulitnya mencari peluang bisnis dengan berbagai macam alasan. 


Nah, edisi khusus pada postingan kali ini adalah pembahasan mengenai bagaimana cara menggali potensi bisnis atau usaha, dengan memanfaatkan keadaan lingkungan dan juga keterampilan yang anda kuasai. Pahami baik-baik.



Tips Menggali ide Peluang Usaha


Sebenarnya nggak perlu jauh-jauh, coba lihat terlebih dahulu di area sekitar tempat anda tinggal. Apakah ada kiranya potensi besar untuk mengembangkan sebuah usaha? 


Jika ada, silahkan share atau berbagi di kolam komentar. Mari diskusikan, Apa hambatan yang menjadi penghalang untuk memulai. Semoga saja mimin dapat membantu. 

Namun jika tidak ada, mari kita gali!



Atau, apakah ada hambatan yang menjadi penghalang untuk berusaha? Tidak yakin? Silahkan baca artikel ini hingga selesai, siapa tahu anda bisa menemukan solusinya disini. Langsung saja kita mulai dari menciptakan peluang.


A. Membuka Peluang

  • Bertekad Bulat
  • Menggali Kererampilan
  • Mengembangkan Keterampilan

Menciptakan Peluang

Menggali keterampilan
pixabay.com

Jangan batasi kemampuan karena alasan faktor keadaan yang tidak mendukung, terus melangkah, buka ruang, jangan takut bermimpi, mimpi itu gratis kawan, urusan hasil atau tidaknya, itu sangat tergantung dari seberapa keyakinan dan kerja keras. Setelah itu pahami step by step untuk meraihnya. Yaitu….




1. Bertekad Kuat 

Paling penting adalah anda harus memiliki kemauan atau keinginan yang besar. Itulah modal utama seseorang untuk sukses. Yaitu kemauan dan keinginan yang kuat untuk meraih sesuatu. Itu aja dulu.


Selain dari itu, anda juga harus cerdik! Jenis-jenis usaha itu memang ada banyak, jumlahnya mungkin tak terhitung. Tetapi, dari sekian banyaknya jenis-jenis usaha yang ada, hanya akan ada 1 atau 2 saja yang mungkin bisa anda kembangkan dan cocok dengan keahlian anda sendiri.


Makanya admin bilang anda harus sedikit cerdas dalam menentukan pilihan yang tepat, tentu saja agar usahanya lancar dan paling penting berjangka panjang. Sekali lagi admin tekankan, hati-hati saat menentukan jenis usaha yang akan di kembangkan. Alasannya sih cukup klasik, tidak semua jenis usaha yang bagus di mata anda, bisa jadi itu adalah kekeliruan yang tidak cocok dengan keahlian anda sendiri.


Maksudnya gimana nih?

Ok!
Begini…..! Admin kasih contoh.
Misalnya, Bisnis Online adalah jenis usaha yang nggak ada matinya, untungnya gede, minim resiko, dan Bisnis Online sendiri telah dibuktikan oleh beberapa kalangan. Dan semuanya berakhir menyenangkan alias sukses walau hanya menggunakan smartphone. 


Mendengar bocorannya Bisnis Online itu seperti menjanjikan bukan? 
Kemudian anda di sarankan untuk mengikuti Bisnis Online yang sedang trendi atau malah anda terpancing ingin mengikuti mereka.



Nah, sampai disini yang perlu anda lakukan adalah melihat keahlian dalam diri sendiri. Apakah ada potensi untuk bergelut dengan dunia maya. Jadi, jangan sampai langsung menyimpulkan wah ini nih bisnis keren, terlihat mudah, menguntungkan, dan blablabla dan langsung terjun tanpa hafal betul bagaimana prosesnya. 
Menurut admin ini bisa benar, dan bisa juga salah. 50 50. Yang jelas perlu pertimbangan matang.



Ingat! Jaman dilihat dari sisi positifnya, coba lihat di sisi negatifnya sebelum mulai terjun. 
Bisnis Online itu tidak jauh-jauh dari internet, apakah anda tahu betul fasilitas internet? Apa anda siap membuat konten, baik artikel, gambar, atau bahkan video?



Terlebih lagi bukan hanya saat itu saja, proses membangun bisnis online itu panjang bro, butuh waktu, dan harus dilakukan secara continu. Apakah sanggup kebanyakan nongkrong depan komputer?


Jika sanggup, kembali lagi ke diri anda sendiri. Karena admin tidak tahu dimana basic atau keahlian anda yang sebenarnya.

Bisa jadi kan bahwa basic anda sebenarnya adalah di dunia pertanian? Makanya kembali ke diri pribadi masing-masing dan ketahui dimana keahlian anda yang bisa dikembangkan. Nah, sampai disini pesan mimin adalah jangan ikut-ikutan orang, jangan mudah terpengaruh orang lain, apalagi untuk urusan usaha.


Karena pahit manis bukan orang lain yang merasakan, tetapi tetap balik ke kita sendiri. Makanya diperlukan pendirian yang kuat, mental juara, dan tahan banting sebelum terjun ke dunia usaha. Kembali ke contoh Bisnis Online tadi, bisa jadi itu sangat cocok untuk mereka, tapi tidak untuk anda. 




2. Menggali Keterampilan

Kedua….
Yaitu mengenai keterampilan, apa keterampilan yang anda kuasai?

Sampai disini anda perlu mengenali keterampilan dalam diri sendiri yang berpotensi besar untuk sukses. Karena umumnya, orang-orang sukses diluar sana adalah mereka yang mampu mengembangkan keterampilan / kemampuan dalam dirinya sendiri.


Contoh:
Keterampilan yang admin kuasai adalah menulis, editing, dan hal-hal berbau teknologi admin sangat-sangat suka. Maka dari itu, admin memutuskan menjadi seorang kreator dan mendalami dunia blogging. 


Meskipun mimin sendiri belum bisa dikatakan sukses, tetapi yang penting ada rasa bangga atau ada rasa kepuasan tersendiri. 


Bukan hanya itu, poin plus nya adalah tidak mudah bosan, tidak mudah menyerah, dan tetap mengalir karena alasannya cukup jelas, yaitu atas dasar keahlian dan suka. Nah, terkait dengan keterampilan, keterampilan atau keahlian itu biasanya tidak jauh dari hobi masing-masing individu.


Dengan demikian, maka admin merekomendasikan anda untuk menggeluti keahlian serta mengembangkannya menjadi sebuah usaha yang jauh lebih sukses.


3. Mengembangkan Kemampuan

Terkait dengan poin nomor 2, justru disinilah masalah yang sesungguhnya bisa terjadi.  Ok, sekarang admin jelaskan lebih rinci.

Tips mengembangkan kemampuan
canva


Keterampilan itu sama dengan uang, apapun keterampilannya. Tapi masalahnya, hanya segelintir orang yang bisa mengembangkan keterampilan dalam dirinya sendiri. 


Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dalam dirinya ada potensi yang besar untuk di kembangkan. Hanya saja perlu dikenali, dan terus di asah hingga berhasil.


Jangan sampai anda menekuni sebuah usaha yang bukan dari bagian atau bukan dari keahlian, karena itu adalah kekeliruan dan hasilnya tidak akan maksimal.

Ini adalah beberapa contoh keahlian dan kecocokan untuk dikembangkan.


B. Contoh Keterampilan


1. Skill Negoisasi
2. Memasak
3. Karya Seni
4. Pertanian
5. Kreator Digital


Skill Negosiasi

Jika anda menguasai skill negosias seperti mampu berkomunikasi dengan baik, dipercaya banyak orang, dan suka bergaul / bersosial, maka jenis usaha yang cocok adalah jual beli.


Berniaga atau berdagang adalah jenis usaha yang paling umum dilakukan masyarakat dan terbukti banyak orang sukses karena jual beli. Nah, jika anda tipe orang seperti itu, silahkan di coba untuk mendalami dunia jual beli. Opsinya ada buanyak, mulai dari jual beli pakaian, sembako, dan lain-lain silahkan akses Rekomendasi Usaha


Atau tidak hanya berjualan, ada banyak pilihan lain jika anda memiliki skill negosiasi yang bagus dengan orang lain, misalnya Membuat Teks Copywriting yang sekarang sedang di butuhkan banyak perusahaan yang menargetkan penjualan lewat internet.


Memasak

Memiliki keterampilan memasak adalah anugerah tuhan yang patut disyukuri. Karena apa?
Karena tidak semua orang bisa memasak, apalagi jika anda mampu menciptakan masakan-masakan yang lezat, unik, dan khas. 


Admin rasa menciptakan peluang usaha dengan memiliki keterampilan memasak tidak lah susah, anda bisa memulainya dari kecil, kemudian belajar  mengembangkannya menjadi lebih maju.


Sangat cocok mengembangkan sebuah usaha beraneka macam jajanan, rumah makan sederhana, rumah masakan daerah, atau restoran, dan sangat-sangat banyak opsi. Asal anda mau memulai dan merintisnya dari nol. Baca juga Tips Usaha Kuliner



Karya Seni

Biasanya, orang-orang diberi beberapa pilihan yang terkadang memang membuat kepala puyeng dan membingungkan.


Jika anda memang merasa memiliki kemampuan yang bagus mengenai karya seni, ya usahain jangan menekuni dunia bisnis atau dunia pertanian.

Meskipun itu memang pilihan anda sendiri, Mau ngapain?

Ada banyak kasus contoh baik dari teman sendiri maupun dari orang lain yang kurang tepat menekuni usaha yang bukan di bidangya. Masih mending kalo usahanya maju, ini mah kebanyakan ngeluh nya.



Bercocok Tanam

Cara kerjanya santai, tidak ada tuntutan menye-menye dari atasan, dan banyak kelebihan lain jika anda menekuni dunia pertanian atau dunia bercocok tanam. Dan menariknya, di zaman serba digital ini orang-orang kebanyakan hampir tidak mau menekuni dunia pertanian.


Ini peluang emas bro, khususnya untuk anda yang memang hobi atau memiliki keterampilan  bercocok tanam alias alam penghijauan, di samping di tinggalkan banyak orang sehingga tidak ada saingan, di sisi lainnya ikut membantu penghijauan alam yang semakin panas.


Tapi masalahnya, menekuni Dunia hijau itu monoton, jadul, cape, dan blablabla?


Siapa bilang?

Itu hanya alasan. Justru jika mampu mengembangkan usaha di bidang tani, semuanya akan menjadi hal yang sangat-sangat luar biasa.


Menciptakan peluang usaha
unknown

Silahkan berinovasi, ada banyak contoh para petani yang inovatif, mulai dari menanam padi di atas paralon, menjadikan atap genteng sebagai kebun, dan banyak lagi. Semuanya berakhir Istimewa serta berhasil meraup keuntungan yang fantastis.


Kreator Digital

Memiliki skill di bidang kreator digital memang di garang-garang akan menjadi sebuah fondasi yang kuat untuk eksis di masa mendatang. Ya, itu memang benar, tapi jangan salah, justru obstacle / tantangannya dan peta persaingannya semakin ketat.

Kreator digital itu seperti apa sih min?

Contohnya seperti admin, Deplover website, pengembang aplikasi, penulis konten artikel, kreator konten video, dan banyak lagi hal-hal berbau teknologi.

Jika merasa bahwa keahlian anda di dunia digital, tidak ada salahnya untuk mengikuti perkembangannya. Silahkan salurkan kemampuan hingga menjadi sebuah peluang sukses, mungkin dengan membuat blog seperti saya, youtuber, programer, dan masih banyak lagi opsi lainnya.


Dan Lain-lain

Masih banyak keahlian atau keterampilan lain yang tidak sempat admin tulis, maka dari itu, sangat diharapkan jika anda mampu mengenalinya sendiri.



C. Ingat Kerja Keras


Poin-poin di atas tidak akan ada artinya jika tidak dilakukan dengan kerja keras, jadi setelah menemukan keterampilan yang pas untuk dikembangkan, maka anda harus siap dengan segala tantangan dan rintangannya. Tidak mudah memang, tapi bukan berarti tidak mungkin.
Ok bro, mungkin postingan ini cukup sampai disini dulu semoga bermanfaat.






Comments